Breaking News:

Berita Badung

SMK Parada Badung Bali Gelar Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Hotel Berbintang di Tengah Pandemi

Pelaksanaan PKL dilaksanakan selama 1 semester (6 bulan) dengan mengambil bidang sesuai kompetensi siswa masing-masing.

Tribun Bali/Rizal Fanany
Sejumlah siswa XI SMK Pariwisata Dalung mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di The Jakarta Bali, Legian, Badung, Kamis 25 Maret 2021. Sebanyak 211 siswa SMK Pariwisata Dalung dari Program Keahlian Perhotelan dan Tata Boga. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pelaksanaan PKL dilaksanakan selama 1 semester (6 bulan) dengan mengambil bidang sesuai kompetensi siswa masing-masing.

Kepala SMK Pariwisata Dalung, Ni Putu Trisnawati mengatakan dengan pelaksanaan PKL bekerja sama dengan The Jayakarta Bali merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Lembaga untuk tetap memberikan pengalaman nyata praktek di dunia industri.

"Tentu suasana dan rasa praktek di sekolah dan langsung di hotel berbeda. Ini yang ingin kita berikan kepada siswa. Real hotel itu seperti apa, walaupun pandemi, jangan sampai mengurangi kulitas pendidikan” ujar Trisna.

Di pihak lain, General Manager The Jayakarta Bali, Agus Tabah Wardana menyambut baik program kerja sama dengan SMK Pariwisata Dalung karena dengan adanya sikronisasi antara dunia pendidikan dan dunia industri akan mampu meningkatkan kualitas SDM di dunia pariwisata. 

“Tentunya lulusan nanti akan siap pakai, mereka sudah beradaptasi dengan dunia kerja. Sudah paham tentang role play seperti apa” papar GM The Jayakarta Bali.

Adanya kerja sama antara SMK Pariwisata Dalung dengan The Jayakarta Bali dalam program PKL adalah juga implementasi perkawinan antara dunia pendidikan dan dunia industri. 

Merebaknya Pandemi Covid-19 sejak tahun lalu, pelaksanaan On The Job Training siswa ikut terdampak, siswa langsung ditarik dari dunia industri untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Pembelajaran konvensional berubah menuju pembelajaran online, hal ini telah berlangsung selama 1 Tahun.

Pandemi secara langsung merubah tatanan kehidupan dan kebiasaan masyarakat. Begitu pula proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan turut serta menyesuaikan.

Pelaksanaan PKL kali ini diawali dengan pembekalan Grooming dan performance siswa melalui program beauty class . 

Selain itu, dari segi kesehatan juga dilakukan Rapid Test untuk siswa yang akan mengikuti PKL dan mewajibkan pemakaian masker, hands glove dan pengecekan suhu tubuh.(Zal) 

Penulis: Rizal Fanany
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved