Breaking News:

Sponsored Content

SENADA 2021 IDB Bali, Mengeksplorasi Identitas Baru dalam Industri Kreatif

Institut Desain dan Bisnis Bali kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) 2021, yang kali ini dilaksanakan secara darin

Istimewa
Pelaksanaan Seminar Nasional SENADA 2021 Institut Desain dan Bisnis Bali yang dilakukan secara daring 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Institut Desain dan Bisnis Bali kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) 2021, yang kali ini dilaksanakan secara daring.

SENADA merupakan seminar nasional tahunan yang dilaksanakan sebagai rangkaian dari kegiatan Dies Natalis IDB Bali dan dibuka secara langsung oleh Rektor IDB Bali, Dr. Ni Kadek Suryani, S.E.,S.I.Kom.,M.M.

SENADA menghadirkan para pembicara praktisi dan akademisi yang sangat luar biasa yaitu Bapak Adi Kusrianto seorang penulis senior, praktisi, dosen luar biasa, bidang keahlian wastra nusantara dan batik klasik.

Keynote berikutna Bapak Dr. Intan Rizky Mutiaz., M.Ds., merupakan Ketua Umum Asprodi DKV Indonesia, dan juga Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FSRD ITB tahun 2020-2024. Selanjutnya Bapak Dr. Ir. Wawan Rusiawan, M.M., yang merupakan Direktur Kajian Strategi Kemenparekraf. Berikutnya Ibu Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., S.I.Kom., M.M., merupakan Rektor Institut Desain dan Bisnis Bali, serta Bapak I Gusti Agung Haryawan, S.Sn.,M.Erg., Ketua HDII Bali.

Baca juga: Dukung Pelarangan Mudik Lebaran, Koster Sebut PPKM Mikro Efektif Turunkan Angka Covid-19 di Bali

Baca juga: Profil Ketua DPRD Jembrana Sri Sutharmi: Ikuti Pendidikan Organisasi Sejak SMP, Sebut Peran Keluarga

Moderator pada seminar nasonal ini adalah Made Vairagya Yogantari, S.Sn.,MFA., Wakil Rektor II IDB Bali.

SENADA tahun ini mengambil tema Eksplorasi Identitas Baru Industri Kreatif yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Eksplorasi identitas baru industri dalam kreativitas (ide, pendekatan dan strategi, aplikasi) yang inklusif dan berkelanjutan, dari topik ini dapat dipaparkan mengenai latar belakang dan urgensi dalam melakukan eksplorasi identitas baru industri kreatif, serta manfaatnya sebagai langkah awal yang konkrit dalam mengoptimalkan perputaran ekonomi kreatif di bidang desain, arsitektur, fashion, bisnis, dll, sekaligus menjaga identitas lokal yang berkelanjutan di masa dan paska pandemi.

Baca juga: DAK Pendidikan yang Diterima Bangli Tahun 2021 Meningkat Hampir 300 Persen

Baca juga: UN Dihapus, Tahun Ini Hanya Dilakukan Ujian Satuan Pendidikan

Ketua Panitia seminar, A. A. Sagung Intan Pradnyanita, S.Sn.,M.Sn., dalam sambutannya mengatakan bahwa SENADA 2021 yang output-nya berupa prosiding ini selain sebagai ajang diskusi, juga untuk menyebarluaskan tulisan-tulisan untuk pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang desain, seni, budaya, arsitektur, manajemen dan bisnis yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan industri kreatif.

SENADA merupakan seminar bergengsi khususnya dibidang desain komunikasi visual, Desain Fashion, interior dan arsitektur, bisnis dan managemen di Bali.

Hal ini terbukti dari antusiasme peserta yang sangat tinggi untuk mengikuti seminar.

Sebanyak 111 pemakalah dari 18 perguruan tinggi di Indonesia, Balai Besar Tekstil, dan juga Balai Besar Kerajinan dan Batik, dengan peserta tidak hanya para akademisi sperti dosen dan mahasiswa S1, S2, namun juga diikuti oleh praktisi dan umum.

Ini merupakan pemecah rekor peserta seminar terbanyak dalam sejarah seminar tentang desain dan arsitektur di Bali. Seminar nasional ini didukung oleh AIDIA, HDII, ASPRODI DKV dan Adigimind Bali.

Saat ini IDB Bali sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru TA 2021/2022 untuk jenjang S1 Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Fashion Design dan Bisnis Digital.

Informasi tentang pendaftaran dapat dilihat di http://www.idbbali.ac.id/ atau Instagram @idbbali, dan dapat juga melalui layanan telepon 0361-8955648. (*)

Berita lainnya di Berita Denpasar

Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved