Breaking News:

Sponsored Content

Beruntung Punya JKN-KIS, Wayan Wenten: JKN-KIS Penolong Nyawa Saya

Dengan hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Indonesia, sangat bermanfaat bagi seluruh penduduk Indonesia,

istimewa
Beruntung Punya JKN-KIS, Wayan: JKN-KIS Penolong Nyawa Saya 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Dengan hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Indonesia, sangat bermanfaat bagi seluruh penduduk Indonesia, khususnya bagi masyarakat kurang mampu.

Hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah untuk memberikan jaminan sosial bagi masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Salah satu peserta JKN-KIS I Wayan Wenten telah merasakan manfaat besar dari kehadiran Program JKN-KIS ini. 

Wayan begitu ia biasa disapa mengungkapkan bahwa dirinya secara tiba-tiba terkena serangan stroke yang mengakibatkan dirinya harus mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Singaraja Gelar Sosialisasi Kepada Peserta JKN-KIS

“Saat itu saya terjatuh secara tiba-tiba dari sepeda motor dan tidak sadarkan diri sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat,” ungkapnya.

Di tengah kondisinya yang sedang sakit, keluarganya pun kebingungan memikirkan biaya pelayanan kesehatannya di rumah sakit yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Bersyukurnya saat itu ia dan keluarga telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, sehingga seluruh biaya pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dijamin penuh Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.  

“Saya dan keluarga terdaftar sebagai Peserta Penerima Bantuan Iuran Anggaran Pendapatan Belanja Negara (PBI APBN) yang iurannya dibiayai oleh Pemerintah Pusat.

Saya sangat bersyukur dan terharu karena pemerintah benar-benar peduli dengan kondisi masyarakatnya, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang pastinya kehilangan pekerjaan dan mereka sudah tentu membutuhkan jaminan kesehatan, di sinilah pemerintah hadir untuk rakyatnya melalui Program JKN-KIS.

Entah apa yang terjadi dengan nyawa saya jika tidak ada JKN-KIS,” ujarnya sambil tersenyum.

Wayan pun memiliki harapan besar terhadap program mulia dari pemerintah ini agar program ini tetap ada di Indonesia, karena telah banyak masyarakat yang terbantu seperti dirinya.

“Semoga program ini tetap berkelanjutan. Sistem yang digunakan pogram ini adalah sistem gotong royong yang sangat sesuai dengan budaya Indonesia.

Sistem gotong royong ini berarti peserta yang sehat membantu peserta yang sakit dan peserta yang mampu membantu peserta yang kurang mampu, disinilah letak prinsip gotong royong dari program JKN KIS,” tutupnya mengakhiri pembicaraan.(*)

Editor: Wema Satya Dinata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved