Breaking News:

Korea Utara

Satu-satunya di Dunia, Korea Utara Klaim Negaranya Masih Bebas Corona

Negara yang terisolasi itu mengklaim nol kasus positif Covid-19. Data tersebut disampaikan dalam laporan terbaru Korea Utara kepada WHO.

CNA VIA KNS / AFP
Foto tak bertanggal yang dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) 29 Agustus 2020 ini menunjukkan seorang pegawai stasiun memeriksa suhu tubuh penumpang sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 di Pyongyang. Hingga hari ini, Korea Utara mengklaim negaranya masih bebas dari virus corona. 

TRIBUN-BALI.COM, PYONGYANG - Korea Utara menjadi satu-satunya negara di dunia yang mengklaim masih bebas dari infeksi virus corona.

Negara yang terisolasi itu mengklaim nol kasus positif Covid-19. Data tersebut disampaikan dalam laporan terbaru Korea Utara kepada Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Kantor berita The Associated Press mewartakan, pada awal pandemi Covid-19 setahun yang lalu, negeri Kim Jon Un tersebut melukiskan upaya mereka mencegah virus sebagai masalah eksistensi nasional.

Korea Utara menutup perbatasannya, melarang turis masuk ke negeri itu dan mengusir diplomat.

Baca juga: Korea Utara Batal Ikut Olimpiade Tokyo Demi Melindungi Atletnya dari Covid-19

Baca juga: Cerita Kereta Kesenangan Diktator Korea Utara Kim Jong Un, Berisi Banyak Perempuan Penghibur 

Korea Utara pun membatasi lalu lintas batas dan telah mengkarantina puluhan ribu orang yang telah menunjukkan gejala.

Negara yang dipimpin Kim Jong Un itu masih mengatakan tidak menemukan kasus Covid-19.

Namun, klaim itu sangat diragukan sejumlah pihak mengingat infrastruktur kesehatannya yang buruk dan perbatasan yang keropos dengan China, garis kehidupan ekonominya.

Dalam email ke The Associated Press pada hari Rabu 7 April 2021, Edwin Salvador, perwakilan WHO untuk Korea Utara, mengatakan Korea Utara melaporkan telah menguji 23.121 orang untuk virus corona dari awal pandemi hingga 1 April.

Semua hasilnya negatif.

Namun Salvador mengatakan Korea Utara tidak lagi memberi laporan tentang jumlah orang yang dikarantina dengan gejala yang dicurigai.

Halaman
1234
Editor: DionDBPutra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved