Berita Politik

Temui Para Perantau Nusantara, PKB Bali Tegaskan Komitmen Sebagai Partai yang Terbuka

safari politik itu sendiri dilakukan sebagai bagian dari silaturahmi usai berhasil melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) dan pelantikan

Penulis: Ragil Armando | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Ragil Armando
Jajaran DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bali mengunjungi para perantau atau diaspora etnis asal berbagai daerah di Nusantara yang tergabung dalam Forum Komunikasi Paguyuban Etnis Nusantara Propinsi Bali (FKPEN). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Safari politik kembali dilakukan oleh jajaran DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bali.

Usai mendatangi Gubernur Bali, Wayan Koster dan ormas-ormas Islam, parpol besutan Muhaimin Iskandar alias Gus AMI itu mengunjungi para perantau atau diaspora etnis asal berbagai daerah di Nusantara yang tergabung dalam Forum Komunikasi Paguyuban Etnis Nusantara Provinsi Bali (FKPEN).

Ketua DPW PKB Bali, H. Bambang Sutiyono alias Bang Yono bersama jajaran mengatakan safari politik itu sendiri dilakukan sebagai bagian dari silaturahmi usai berhasil melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) dan pelantikan kepengurusan DPW PKB Bali yang baru.

Seperti diketahui, dalam Muswil tersebut ia kembali terpilih sebagai Ketua DPW PKB Bali periode 2021-2026.

Baca juga: Usai Muswil, PKB Bali Langsung Deklarasi Dukung Gus AMI Jadi Capres 2024

“Sesuai hasil Muswil DPW PKB Bali tanggal 16 Januari 2021, lalu kami mendapatkan SK kepengurusan dari DPP buat DPW PKB Bali masa bakti 2021-2026 maka kami hadir ke FKPEN memperkenalkan pengurus baru dalam bentuk Silaturahmi kulo nuwun bersimakrama,” ucapnya, Kamis 8 April 2021.

Ia mengaku sengaja mendatangi para perantau etnis Nusantara tersebut lantaran ingin menegaskan komitmen PKB sebagai partai yang berwawasan kebangsaan dan menjunjung tinggi toleransi dan pluralitas sesuai ajaran pendiri PKB yakni Mantan Presiden KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

“Kami memahami juga dalam FKPEN itu banyak multi etnis banyak warna pilihan politik pula dan meyakini banyak tokoh tokoh di dalamnya yang mempunya pemikiran yang luas juga, maka kami bersyukur dengan kami mengikuti pola pikir Gus Dur dengan pluralismenya, kami juga dengan PKB yang berwawasan empat pilar kebangsaan disingkat PBNU, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Nahdlatul Ulama’, dan UUD 1945

Pihaknya juga mengutarakan bahwa PKB sendiri sebagai partai terbuka bagi semua pihak.

Oleh sebab itu, ia mengaku bakal membuka pintu seluas-luasnya bagi masyarakat Bali untuk ikut berjuang bersama dengan PKB.

Bahkan, ia menyebut bahwa PKB siap menjadi mitra semua stakeholder di Bali untuk membangun Bali.

Pasalnya, ia mengaku PKB siap menjadi garda terdepan dalam mewujudkan kebangkitan Bali, khususnya di bidang ekonomi dan pariwisata yang saat ini terpuruk akibat pandemi.

“Maka kami yakin bisa diterima, mudah untuk menyama braya untuk bersama semua ketua paguyuban ketua etnis untuk membangun dan menjaga Bali semoga dimudahkan dalam berpikir dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat demi kebangkitan bangsa di Provinsi Bali,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Forum Komunikasi Paguyuban Etnis Nusantara Provinsi Bali (FKPEN), Anak Agung Bagus Ngurah Agung mengaku pihaknya mengapresiasi jajaran PKB Bali.

Ia mengatakan bahwa pihaknya di FKPEN sendiri merupakan organisasi yang menghimpun puluhan organisasi para diaspora etnis dari Sabang sampai Merauke yang ada tinggal di Bali.

Baca juga: Bang Yono Kembali Terpilih Aklamasi Jadi Ketua PKB Bali, Targetkan Rebut Kursi DPR RI di Pemilu 2024

Gung Ngurah juga menyebutkan bahwa FKPEN sendiri merupakan organisasi yang non partisan, sehingga pihaknya membebaskan para anggotanya untuk bergabung dengan parpol manapun.

Pun begitu, pihaknya mempersilahkan dan memberikan ruang bagi PKB untuk merekrut anggota dari para anggota etnis yang ada di FKPEN.

“Iya, silaturahmi saja. Dan saya akan bantu fasilitasi untuk bertemu dengan tokoh-tokoh puri dan ketua-ketua etnis yang ada di Bali,” tukasnya. (*)

Artikel lainnya di Berita Politik

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved