Breaking News:

Ramadhan 2021

Persiapan Jelang Bulan Puasa Ramadhan 1442 H, Ketua MUI Bali Bagikan Sedekah ke Para Tetangga

Mahrusun Hadiyono dan sebagai tokoh umat muslim di Bali melakukan persiapan Ramadhan dengan memberikan sedekah ke tetangga-tetangga.

Penulis: Harun Ar Rasyid | Editor: Noviana Windri
ist
Ketua MUI Bali, Mahrusun Hadiyono 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Jelang Ramadhan 1442 H/2021 M, Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia) Bali, Mahrusun Hadiyono dan sebagai tokoh umat muslim di Bali melakukan persiapan Ramadhan dengan memberikan sedekah ke tetangga-tetangga.

Ditemui langsung di Kantor MUI Bali yang beralamat di Jl. Pulau Menjangan No.28, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali pada Senin 12 April 2021, mengungkapkan bahwa ia bersama keluarga biasanya akan melakukan sedekah ke tetangga-tetangga yang berada di lingkungan rumahnya.

Mahrusun Hadiyono biasanya membagikan sedekah berupa nasi kepada tetangga-tetangga dekat.

"Biasanya menjelang Ramadhan itu, dengan keluarga akan memberikan sedekah lah kepada tetangga-tetangga dekat, biasanya (saya) memberikan Nasi, terutama itu untuk tetangga-tetangga dekat" ujarnya.

Ditanya perihal perbedaan puasa di tengah pandemi antara tahun lalu dan tahun ini, Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia) Bali yang juga Pengurus Syuriah NU Bali Bali serta Ketua Baznas Provinsi Bali ini mengaku bahwa bersyukur karena kondisi tahun lalu dan tahun ini berbeda. 

Kumpulan Ucapan Selamat Puasa Ramadhan 2021 dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

65 Ucapan Menyambut Ramadhan, Ini Deretan Kata Maaf Lahir Dan Batin Dan Selamat Puasa

Potret Tradisi Ziarah Kubur Jelang Ramadhan 2021 di Tengah Pandemi Covid-19 di Denpasar Bali

Ia menjelaskan tahun lalu, kegiatan-kegiatan bulan Ramadhan seperti shalat tarawih dan kegiatan-kegiatan lain semuanya dihentikan.

Namun tahun ini, MUI Bali, Dewan Masjid Indonesia Provinsi Bali dan Kanwil Kemenag Provinsi Bali mengeluarkan Panduan untuk pelaksanaan ibadah pada bulan Ramadhan tahun ini.

"Tentunya kondisinya berbeda, kalau tahun lalu kegiatan Ramadhan seperti shalat tarawih dan sebagainya dihentikan, kalau tahun ini kan ada kemajuan, MUI Bali, Dewan Masjid Indonesia Provinsi Bali dan Kanwil Kemenag Provinsi Bali mengeluarkan panduan kegiatan Ramadhan" jelasnya.

Pedoman Kegiatan Ramadhan intinya berisi tentang Ibadah atau kegiatan Ramadhan yang dilakukan di Masjid/Musholla atau tempat ibadah lain diikuti oleh jamaah kaum laki-laki (berumur di atas 10 tahun) dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kapasitas yang bisa digunakan untuk shalat tarawih maksimal 50 persen dari daya tampung normal, untuk tempat tarawih yang sudah memenuhi kapasitas petugas yang ditunjuk harus menutup pintu tempat pelaksanaan ibadah,  untuk jamaah yang terlambat datang, shalat tarawih bisa dilakukan dirumah masing-masing,

Jamaah juga dianjurkan untuk tidak mengedarkan kotak amal, infaq dan shodaqoh dimasukan ke kotak amal permanen.

Selain itu, kaum wanita shalat tarawih bersama keluarga di kediaman masing-masing dan semua kegiatan seperti shalat tarawih dan tadarus disudahi paling lambat pukul 10 malam.

Menyambut Bulan Puasa Ramadhan yang akan dilaksanakan mulai 13 April 2021, Ia ingin menyampaikan kepada umat muslim di Bali untuk tetap melaksanakan ibadah puasa dengan baik.

Mahrusun Hadiyono menyampaikan bahwa Ibadah Puasa merupakan ibadah yang wajib dikerjakan.

Agar Tetap Bugar, Perhatikan 3 Asupan Dasar Selama Bulan Ramadhan

65 Ucapan Menyambut Ramadhan, Ini Deretan Kata Maaf Lahir Dan Batin Dan Selamat Puasa

Ia juga menghimbau untuk pelaksanaan ibadah-ibadah lain seperti Tarawih, Tadarus dan I'tikaf dilaksanakan dalam waktu terbatas.

"Saya mengharapkan umat Islam tetap menjalankan ibadah puasa dengan baik  karena itu sebuah kewajiban, kemudian untuk ibadah-ibadah lain seperti Tarawih, membaca Al-Quran, Tadarus, I'tikaf dan sebagainya dilakukan dalam waktu yang terbatas lah, cukup sampai jam 10 bisa di akhiri" pesannya.

Ia juga menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga keselamatan bersama dan terus menerapkan Protokol Kesehatan yang telah ditentukan. 

Berita seputar ramadhan di sini

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved