Berita Bali

Kemenparekraf Dukung Kebangkitkan Pariwisata Bali Melalui Penyelenggaraan Kartini Go Surf 2021

penyelenggaraan acara Kartini Go Surf 2021 untuk menyambut perayaan Hari Kartini dan sebagai upaya membangkitkan pariwisata Bali selaras

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Press conference Kartini Go Surf 2021, Kamis 15 April 2021 di Denpasar. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) mendukung penyelenggaraan acara Kartini Go Surf 2021 untuk menyambut perayaan Hari Kartini dan sebagai upaya membangkitkan pariwisata Bali selaras dengan kampanye Bali I Miss U.

Acara ini diselenggarakan atas kerja sama tabloid selancar Magic Wave, Perempuan Berkebaya Indonesia, serta berbagai komunitas kepariwisataan dan kebudayaan di Bali.

Menparekraf, Sandiaga Uno dalam videonya yang diputar pada Kamis 15 April 2021 dalam press conference Kartini Go Surf 2021 di Denpasar, mengungkapkan bahwa acara yang menyajikan eksibisi surfing perempuan dengan busana kebaya ini untuk menunjukkan bahwa surfing tidak identik dengan dunia laki-laki saja.

Perempuan juga bisa ambil peran dan berprestasi melalui surfing.

Baca juga: Terkait Rencana Travel Bubble, Kemenparekraf Akan Monitoring Bali per Dua Minggu Sekali

Kartini Go Surf 2021 juga akan menjadi ajang bagi berbagai komunitas kepariwisataan dan kebudayaan di Bali untuk saling bersinergi, serta membuka ruang inklusi bagi komunitas difabel untuk ikut unjuk kreativitas, serta menunjukkan bahwa pariwisata Bali penuh semangat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menparekraf Sandiaga mengajak masyarakat, para perempuan Indonesia, khususnya Bali, untuk ambil bagian, terus menggelorakan semangat juang Ibu Kartini.

Semangat juang untuk saling menjaga dan mengingatkan protokol Kesehatan yang berkonsep Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE), agar dapat segera bangkit bersama dari pandemi Covid-19 ini.

Pada akhirnya, Kartini Go Surf 2021 tidak hanya menjadi ajang perayaan Hari Kartini atau ajang main selancar ( surfing) saja, tapi juga menjadi ajang bagi berbagai komunitas untuk unjuk kreativitas dan menunjukkan bahwa pariwisata Bali masih hidup dan penuh semangat.

Ketua Panitia Kartini Go Surf 2021, A.A. Ayu Tini Rusmini Gorda, yang juga Ketua Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Provinsi Bali ikut berpartisipasi menggelar event ini, karena pihaknya ingin menyampaikan kebaya itu bisa dipakai dimanapun.

"Event ini juga untuk memberdayakan pemakaian kebaya pada dunia olahraga air dalam hal ini surfing, baik dari peserta, panitia, dan pameran UMKM memakai kebaya.

Kami juga ingin menyatakan bahwa kebaya itu bisa dipakai dimanapun, tidak ribet, dan itu ciri khas Indonesia," imbuhnya.

Kartini Go Surf 2021 akan diselenggarakan, Jumat 16 April 2021 besok di area Pantai Kuta (sebrang Wyndham Garden Hotel) dari mulai pukul 08.00 WITA hingga matahari terbenam.

Peserta berasal dari sejumlah wisatawan mancanegara yang memang tinggal di Bali, surfers wanita dari Bali dan juga sejumlah anak-anak difabel.

Demi kebangkitan kembali pariwisata Bali, guna memulihkan ekonomi Negeri Kartini Go Surf 2021 ini menampilkan Deklarasi Anak Pantai, yakni sebuah doa dan pernyataan kolektif dari komunitas-komunitas untuk mendukung kebangkitan kembali pariwisata Bali.

Baca juga: Bangkitkan Pariwisata Bali, Kemenparekraf Dukung Sport Tourism BCM 2021 Nusa Penida 

Acara ini juga dimeriahkan oleh aktivitas komunitas kepariwisataan dan kebudayaan di Bali mulai dari komunitas selancar, skateboard, seni musik, kriya, tari, body painting, fashion show, fotografi, pelestarian lingkungan, otomotif, pelaku usaha kuliner, UMKM, hingga komunitas difabel yang diajak bergabung dalam kegiatan surfing.(*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved