Breaking News:

Kapal Selam

Kapal Selam Yang Hilang Misterius, Ditemukan Setelah 77 Tahun

Kapal selam HMS Urge berukuran kecil dan awalnya dimaksudkan digunakan semata-mata untuk pelatihan.

Editor: Sunarko
foto: royalnavy.mod.uk
Kapal selam HMS Urge sedang berjalan di perairan di pangkalannya 

TRIBUN-BALI.COM - Bangkai kapal selam Inggris, yaitu HMS Urge, yang hilang selama Perang Dunia II dengan 44 orang di dalamnya, ditemukan di lepas pantai Malta --sebuah negara kepulauan di Eropa selatan.

Penemuan oleh para arkeolog kelautan ini memecahkan misteri selama 77 tahun tentang keberadaan kapal selam milik Angkatan Laut (AL) Kerajaan Inggris atau Royal Navy.

Demikian yang dirangkum Tribun Bali, mengutip berita dari situs AL Inggris, royalnavy.mod.uk pada 31 Oktober 2019, dan juga berita CNN.com pada 2 November 2019.  

Disebutkan, HMS Urge adalah salah satu dari 19 kapal  selam kelas U (U-class) milik AL Kerajaan Inggris yang hilang dalam Perang Dunia II.

Sebanyak 13 dari 19 kapal selam AL Inggris itu hilang di perairan Laut Tengah atau Mediterania. Kapal selam HMS Urge berukuran kecil dan awalnya dimaksudkan digunakan semata-mata untuk pelatihan.

HMS Urge meninggalkan pangkalannya di Malta dalam misi terakhirnya pada 27 April 1942 menuju Alexandria, Mesir.

Namun, kapal itu tidak pernah berhasil mencapai  Alexandria. Baru pada musim semi 2019 lalu, misteri tentang kapal itu berhasil terungkap.

Ketika menjalankan misi terakhirnya pada 1942 itu, HMS Urge merupakan bagian dari Armada Kapal Selam ke-10 AL Inggris.

Saat itu Armada Kapal Selam ke-10 Inggris sedang memindahkan pangkalannya untuk menghindari pemboman terus-menerus yang dilakukan oleh Kekuatan Poros (Axis Power) di Malta.

Dalam Perang Dunia II itu, Kekuatan Poros --yang antara lain mencakup Jerman, Italia dan Jepang-- berhadapan dengan Kekuatan Sekutu (Allied Power) yang antara lain berisi Inggris, Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved