Breaking News:

Warga Rusia Turut Peringati Hari Kartini di Moskow

Peringatan Hari Kartini menjadi momen penting untuk kembali merefleksikan nilai-nilai semangat Kartini kepada seluruh perempuan.

Penulis: Kander Turnip | Editor: Kander Turnip
Istimewa/Kedubes RI Moskow
Dubes RI Moskow Jose Tavares membuka acara Pertunjukan Budaya Indonesia Hari Kartini di Moskow Rusia, Sabtu 24 April 2021 lalu. 

Warga Rusia Turut Peringati Hari Kartini di Moskow

TRIBUN-BALI.COM, MOSKOW - Tepuk tangan meriah para undangan mengiringi penampilan mempesona 25 warga Rusia yang tampil memainkan instrumen gamelan dan beberapa tarian tradisional Indonesia serta vokal gending Jawa dalam acara Pertunjukan Budaya Indonesia untuk Memperingati Hari Kartini yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Sabtu 24 April 2021.

Acara berlangsung di Orenzhereya Pavillion, Russia Exhibition Centre – VDNKh, Moskow, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, sesuai ketentuan pemerintah setempat.

“Kartini telah membuka mata perempuan Indonesia bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting agar seseorang dapat meningkatkan wawasan terhadap banyak hal, menjadi berkembang lalu berkontribusi lebih luas tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga keluarga dan negara,” kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, saat menyampaikan sambutan serta membuka acara Pertunjukan Budaya Indonesia ini.

Dubes Tavares menjelaskan kepada para hadirin terkait sosok Raden Adjeng Kartini dan latar belakang penyelenggaraan kegiatan ini.

Baca juga: Indonesia dan Rusia Tingkatkan Kemitraan Hadapi Ketidakpastian Global

Baca juga: Dubes RI di Moskow Luncurkan Indonesia-Russia Youth Association, Jadi Jembatan Pemuda Dua Negara

“Peringatan Hari Kartini menjadi momen penting untuk kembali merefleksikan nilai-nilai semangat Kartini kepada seluruh perempuan, tidak hanya perempuan Indonesia tetapi juga perempuan pada umumnya untuk terus berkarya serta mengambil peranan penting dalam kehidupan, baik di lingkungan keluarga maupun berbangsa dan bernegara,” kata Dubes Tavares.

Acara Peringatan Hari Kartini mendapat tanggapan positif dan sambutan penuh suka cita dari tamu dan undangan yang hadir.

Anna Mamedova, warga Rusia yang pernah mengikuti Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia tahun 2019 menuturkan, dia sudah membaca buku RA Kartini “Habis Gelap, Terbitlah Terang” yang sangat mengesankan baginya.

“Pemikiran Kartini sangat brilian. Akan sangat bagus apabila banyak warga Rusia yang juga dapat mengenal lebih jauh sosok Kartini,” kata Mamedova.

“Terima kasih KBRI Moskow atas Peringatan Hari Kartini yang memberikan hiburan memikat dan tampilan kostum daerah Indonesia yang indah kepada khalayak di Moskow,” ujar Maria Yarovitskaya, salah tamu undangan yang merupakan seorang perancang busana dan penari di Rusia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved