Breaking News:

Partai Politik

Ramai-ramai Ikut Amien Rais, 66,7 Persen Inisiator Partai Ummat dari PAN

Tokoh yang paling menonjol adalah Amien Rais. Mantan ketua MPR itu menjabat sebagai ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

Editor: DionDBPutra
KOMPAS.COM
Amien Rais saat memperkenalkan logo Partai Ummat pada Selasa, 10 November 2020. 

JAKARTA, TRIBUN BALI - Sederet tokoh bergabung dalam Partai Ummat yang baru saja dideklarasikan di Yogyakarta pada Kamis 29 April 2021 lalu atau bertepatan dengan 17 Ramadan 1442 Hijriah.

Tokoh yang paling menonjol adalah Amien Rais. Mantan ketua MPR itu menjabat sebagai ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

Amien adalah pendiri Partai Ummat. Ia membangun partai tersebut seusai terlibat konflik dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Di PAN, Amien adalah pendiri dan merupakan ketua umum pertama. Ia juga pernah diusung menjadi Capres dari partai berlambang matahari putih itu.

Baca juga: Banyak Kadernya Beralih ke Partai Ummat, PAN Bali Ngaku Tak Khawatir

Baca juga: Amien Rais Deklarasi Berdirinya Partai Ummat, Ada MS Kaban, Neno Warisman hingga Buni Yani

Selain Amien Rais, ada beberapa tokoh lain yang ikut bergabung dengan Partai Ummat, mulai dari Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Ka’ban, penyanyi dan bintang film era 1980-an Neno Warisman, eks narapidana kasus pelanggaran UU ITE Buni Yani, hingga mantan anggota DPR dari Fraksi PAN periode tahun 2009-2014 Chandra Tirta Wijaya.

Kepergian Amien Rais dari PAN dan kemudian membentuk Partai Ummat ternyata juga diikuti oleh banyak pengikutnya.

Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Agung Mozin mengungkapkan bahwa mayoritas insiator Partai Ummat adalah mantan kader PAN.

Jumlahnya bahkan mencapai hampir 70 persen. ”Itu data valid, migrasi inisiator Partai Ummat yang berasal dari berbagai partai dan terbesar adalah PAN,” kata Agung, Minggu 2 Mei 2021.

Agung lantas membeberkan data yang dimiliki Tim Persiapan Pembentukan Partai Ummat (TP3U).

Dia menyebut, data hingga Sabtu 1 Mei 2021 yang di masuk ke TP3U, dari 1.137 orang, sebanyak 66,7 persen atau 158 orang inisiator berasal dari kader PAN. Angka ini, lebih besar dari Parpol lain yang bergabung.

Setelah PAN, sebanyak 15 orang atau 6,3 persen inisiator berasal dari Partai Gerindra, 14 orang atau 5,9 persen berasal dari PBB, kemudian 13 orang atau 5,5 persen berasal dari Golkar.

Dia pun yakin setiap harinya jumlah kader PAN yang bergabung ke Partai Ummat akan semakin banyak. ”Itu dari data yang masuk. Kalau semua masuk maka angka ini bisa nambah," kata Agung.

”Jika sudah mencapai 5.000-an (orang), saya yakin akan sama bahkan bisa lebih banyak lagi,” jelas Agung. (tribun network)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved