Breaking News:

Pasien Covid-19 di RSUD Sanjiwani Gianyar Turun Drastis  

Berbeda dengan sebelumnya, Pemkab Gianyar kewalahan menampung pasien Covid-19. Sejumlah pasien sampai dirujuk ke rumah sakit lainnya.

RSUD Sanjiwani
Ilustrasi - Suasana di RSUD Sanjiwani. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Sejak awal April tahun ini, pasien Covid-19 di Kabupaten Gianyar menurun tajam. Hal tersebut terlihat dari keterisian tempat isolasi yang hanya 13 pasien. Ini disebut-sebut karena suksesnya vaksinasi Covid-19.

Selama ini rumah sakit rujukan pasien Covid-19 milik Pemerintah Kabupaten Gianyar ini menyediakan 79 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Per Senin, 3 Mei 2021, ada 13 pasien dirawat. Sembilan terkonfirmasi Covid-19, dan empat pasien masih berstatus suspect (diduga).

Berbeda dengan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gianyar sempat kewalahan dalam menampung pasien Covid-19. Sejumlah pasien sampai dirujuk ke rumah sakit lainnya.

Kepala Bidang Humas RSUD Sanjiwani Gianyar, Anak Agung Gde Putra Parwata mengatakan pasien Covid-19 sudah mengalami penurunan sejak awal April 2021.

"Masih (ada pasien covid, tapi sudah menurun sejak awal April 2021). Dari total 79 kamar pasien covid-19 yang tersedia di sini, terisi hanya 13 pasien," ujarnya.

Sementara Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Gianyar, Ida Komang Upeksa mengatakan, turunnya jumlah pasien covid-19 di Gianyar tidak terlepas dari suksesnya vaksinasi yang dilakukan.

Kata dia, selama ini banyak pasien Covid-19 berusia 60 tahun ke atas dan juga dari kalangan pekerja. Dalam vaksinasi kali ini, mereka sudah divaksin sehingga jumlah bisa ditekan.

"Secara garis besar, penurunan angka Covid-19 ini karena suksesnya vaksinasi. Namun tetap, walaupun sudah divaksin, protokol kesehatan harus tetap dijalankan, tidak boleh bebas begitu saja," ujarnya.

Karena itu, kata dia, pihaknya pun meminta pada semua masyarakat di Kabupaten Gianyar, ketika ada jadwal vaksin di wilayah, masyarakat diwajibkan untuk hadir.

"Kalau ada jadwal vaksin, masyarakat harus hadir, jangan takut atau ragu untuk divaksin, karena vaksin itu sehat, meningkatkan imunitas kita terhadap virus," tandasnya.

Terkait vaksinasi tahap dua, Upeksa memperkirakan akan dilakukan pada bulan ini. "Untuk vaksin tahap dua, vaksinasi sudah kita dapat.

Kemungkinan kita jadwalkan vaksinasi tahap dua ini, pada bulan ini," ujar pria yang juga menjabat Direktur RSUD Sanjiwani Gianyar itu. 

Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: I Putu Darmendra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved