Breaking News:

Berita Gianyar

Populasi Anjing di Tulikup Gianyar 290 Ekor, Per Hari Tim Vaksin Rabies Harus Vaksin 100 Ekor Anjing

Tim vaksinasi rabies Dinas Pertanian Gianyar, tampak sibuk memasuki setiap gang di Banjar Pande, Desa Tulikup, Gianyar, Bali, Selasa 4 Mei 2021.

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Petugas dari Dinas Pertanian Gianyar tengah melakukan vaksinasi anjing di Banjar Pande, Desa Tulikup, Gianyar, Bali, Selasa 4 Mei 2021 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Tim vaksinasi rabies Dinas Pertanian Gianyar, tampak sibuk memasuki setiap gang di Banjar Pande, Desa Tulikup, Gianyar, Bali, Selasa 4 Mei 2021.

Kedatangan mereka pun mendapat sambutan baik dari warga.

Sebab, di desa ini populasi anjing liar relatif tinggi.

Meski demikian, karena kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi anjing, kini desa tersebut telah keluar dari zona merah rabies yang sempat disandang pada tahun 2019 lalu. 

Pantauan Tribun Bali, dalam melakukan vaksinasi anjing liar atau tidak dikandangkan meski memiliki pemilik, para petugas menggunakan sistem tulup.

Selama proses vaksinasi berjalan, situasi pun berjalan baik, lantaran pada petugas ini telah berpengalaman dalam menjinakkan anjing.

Baca juga: 7 Warga Digigit Anjing Rabies di Desa Nusasari Jembrana, Jadi Kasus Ketiga di Tahun 2021

Kasi Pencegahan, Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Hewan, Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Patrilinier, Dinas Pertanian Gianyar, Made Sadakarya mengatakan, kegiatan di Banjar Pande ini dilakukan selama tiga hari, yakni dimulai dari Jumat, Senin dan Selasa ini.

Hal itu karena populasi anjing di sini relatif banyak, yakni 290 ekor, sehingga estimasi per hari dilakukan 100 ekor.

"Sementara belum ada kendala. Cuma kalau vaksinasi anjing tanpa pemilik, jadinya anjing itu sebenarnya sudah divaksin, tapi karena belum ada kalungnya, jadi dikira belum," ujarnya.

Sadakarya mengatakan, tahun 2019 lalu, kawasan ini sempat masuk zona merah rabies.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved