Breaking News:

Berita Badung

Libur Lebaran 2021, Dispar Badung Belum Berharap Banyak Terkait Peningkatan Kunjungan Wisatawan

"Liburan Lebaran ini sebetulnya kita belum bisa banyak berharap karena Pemerintah melarang mudik, artinya aktivitas satu pulau ke pulau lain itu

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali
ilustrasi Dua wisatawan berpose di kawasan pariwisata The Nusa Dua, Badung, Bali - Libur Lebaran 2021, Dispar Badung Belum Banyak Berharap Terkait Peningkatan Kunjungan Wisatawan 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Hari Raya Idul Fitri 1442 H tinggal menghitung hari, dan sejumlah perkantoran ataupun perusahaan sudah mulai libur besok.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Badung, Cokorda Raka Darmawan, pun tak ingin terlalu berharap banyak terjadi peningkatan kunjungan wisatawan nusantara (Wisnus) ke Badung, dan umumnya Bali.

"Liburan Lebaran ini sebetulnya kita belum bisa banyak berharap karena Pemerintah melarang mudik, artinya aktivitas satu pulau ke pulau lain itu sangat dibatasi oleh karena itu tentu berpengaruh pada masa libur kunjungan ke obyek-obyek wisata.

Ini yang harus kita pahami bersama," ujar Cok Darmawan, Selasa 11 Mei 202 di DTW Kawasan Luar Uluwatu.

Baca juga: DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu Badung Kini Miliki GeNose C-19 untuk Screening Wisatawan

Menurutnya, Pemerintah lebih melihat dari sisi keselamatan warga masyarakat, dan mudik ini yang kumpul dengan keluarga dikhawatirkan menjadi klaster baru dan meningkatkan kasus baru Covid-19.

Dan tentunya ini harus menjadi pengertian bersama, dan stakeholder pariwisata harus taat dan patuh kepada aturan pemerintah dan protokol yang ditetapkan tujuannya adalah kedepan jika masa libur Lebaran ini lewat angka Covid-19 bisa terkendali bahkan cenderung turun.

"Itu harapan kita yang lebih besar dan pariwisata (untuk mancanegara) bisa segera dibuka. Itu harapan kita. Saat ini tidak ada lonjakan atau peningkatan kunjungan," tambahnya.

Sementara itu, pergerakan kunjungan wisatawan lokal Bali ke destinasi wisata di Badung masih berjalan biasa dan mungkin akan ada peningkatan nanti saat libur Lebaran dari wisatawan lokal Bali walaupun terbatas jumlahnya.

"Orang yang berlibur pada masa libur Lebaran di Pulau Bali dari penduduk setempat pun pasti ada. Tapi dengan catatan protokol kesehatannya tetap menjadi perhatian baik masyarakat maupun pihak pengelola," imbuh Cok Darmawan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved