Breaking News:

Berita Gianyar

Bupati Gianyar Made Mahayastra Tinjau Persiapan Penataan TPA Temesi Menuju TPA Modern

penataan itu nantinya akan dilakukan di atas lahan enam hektare, dan TPA Temesi akan dijadikan TPA modern menggunakan teknologi terbarukan

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Bupati Gianyar, Made Mahayastra saat meninjau TPA Temesi, Rabu 12 Mei 2021. Nantinya akan disulap menjadi TPA modern. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Bupati Gianyar, Made Mahayastra tidak memanfaatkan hari libur nasional dengan liburan bersama keluarga.

Namun, ia memilih menggunakan waktu yang dimilikinya untuk meninjau persiapan penataan TPA Temesi, selaku tempat pembuangan sampah akhir milik Pemkab Gianyar itu, Rabu 12 Mei 2021.

Dimana penataan itu nantinya akan dilakukan di atas lahan enam hektare, dan TPA Temesi akan dijadikan TPA modern menggunakan teknologi terbarukan.

Berdasarkan catatan Tribun Bali, penataan tempat pembuangan sampah warga Gianyar, telah menjadi salah satu fokus Mahayastra saat menjadi orang nomor satu di Gianyar.

Baca juga: Atap dan Kelistrikan Jadi Penyebab, Penyelesaian Renovasi Stadion Dipta Gianyar Molor

Dimana saat awal menjabat dulu, Mahayastra telah meminta kajian ke Institut Teknologi Bandung (ITB), terkait blue print atau konsep TPA yang modern.

Meskipun telah mempersiapkan berbagai hal untuk penataan TPA Temesi sejak jauh-jauh hari, namun proses pengerjaannya baru akan dilakukan mulai tahun 2022.

Hal tersebut dikarenakan, ada berbagai tahapan yang dilakukan sebelum menyentuh TPA Temesi.

Yakni, mengurai personal sampah di tingkat rumah tangga melalui Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R).

Saat ini, sejumlah TPS3R telah ada di tingkat desa, dan tahun ini diharapkan sebagian besar desa telah memiliki TPS3R.

Sistem pengolahan sampah tingkat desa ini sangat dibutuhkan, dikarenakan sistem pengolahan sampah berbasis desa itu akan meringankan beban TPA Temesi dalam hal mengolah sampah.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved