Breaking News:

Berita Klungkung

Pemkab Klungkung Berharap MSP Unwar Bantu Kajian Akademis Pengembangan TOSS

Pemerintah Kabupaten Klungkung berharap MSP Pascasarjana, Universitas Warmadewa dapat membantu kajian akademis

Istimewa
Pemkab Klungkung Berharap MSP Unwar Bantu Kajian Akademis Pengembangan TOSS 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemerintah Kabupaten Klungkung berharap Magister Sains Pertanian (MSP) Pascasarjana, Universitas Warmadewa dapat membantu kajian akademis dalam pengembangan program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS), Dawan, Klungkung, Bali.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat menerima audiensi Magister Sains Pertanian (MSP), Universitas Warmadewa di Kantor Bupati Klungkung pada Sabtu 15 Mei 2021.

"Selama ini sudah dilakukan uji coba tetapi belum menerapkan prinsip-prinsip sesuai dengan kajian akademis" kata Suwirta.

Suwirta menargetkan TOSS, Dawan, Klungkung, dapat dimaksimalkan sehingga terdapat beragam macam kegiatan.

Baca juga: Edukasi Masyarakat, Mural tentang Pengelolaan Sampah Terlukis di Tembok TOSS Centre Klungkung

"Sehingga semua lahan yang ada di TOSS dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan penelitian mahasiswa dan dosen," ujarnya.

Kaprodi MSP Universitas Warmadewa, Dr. Ir. I Dewa Sudita, M.P menyatakan siap membantu melakukan kajian secara akademis.

Kajian akademis tersebut nantinya akan dipublikasikan sebagai karya ilmiah melalui jurnal-jurnal ilmiah.

"Kajian akademis nanti akan diberikan dalam bentuk laporan, disertai rekomendasi kepada Pemda Klungkung nanti," papar Dewa Sudita.

Menurut Dewa Sudita, kompos hasil TOSS untuk tahap awal diujicobakan pada tanaman, seperti jagung, cabe besar, cabe rawit dan bawang merah.

Selain diberikan kompos TOSS juga akan diberikan pupuk kotoran ayam dan NPK sebagai pembanding.

Dewa Sudita menambahkan guna keberlanjutan kerjasama terkait kajian akademis maka akan diawali dengan penandatanganan kerjasama.

"Melalui KSO nanti agar jelas hak dan tanggung jawab masing-masing. Kewajiban kami nantinya menyerahkan hasil kepada bupati," ujarnya.

Dalam melakukan kajian akademis MSP Pascasarjana Universitas Warmadewa menerjunkan tim penelitian yang terdiri dari Dr. Ir. Ida Bagus Komang Mahardika, M.Si sebagai ketua tim, dengan anggota Dr. Ir. Yohanes Parlindungan Situmeang, M.Si, Dr. I Nengah Muliarta, S.Si., M.Si, Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si serta dibantu oleh mahasiswa MSP Unwar.(*).

Baca juga: TPA Sente Kembali Terbakar, Seluruh Desa di Klungkung Diminta Percepat Realisasi TOSS Desa

Kumpulan Artikel Klungkung

Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved