Breaking News:

9 Orang Ini Menjadi Semakin Kaya Berkat Vaksin Covid-19, Ini Jumlah Hartanya

Menurut organisasi Inggris, Oxfam, saat ini terdapat sembilan orang yang menimbun kekayaan karena pendistribusian vaksin Covid-19.

Shutterstock
Ilustrasi Vaksin Covid-19 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 di seluruh dunia memang telah melumpuhkan berbagai sektor perekonomian. 

Banyak orang-orang yang kehilangan pekerjaan hingga penghasilan yang berkurang. 

Namun demikian ada pihak-pihak yang malah mendulang kekayaan saat pandemi menyerang dunia. 

Menurut organisasi Inggris, Oxfam, saat ini terdapat sembilan orang yang menimbun kekayaan karena pendistribusian vaksin Covid-19.

Oxfam International yang merupakan organisasi nirlaba ini dalam laman resmi mereka, Sabtu 22 Mei 2021 menuliskan bahwa jumlah kekayaan dari kesembilan orang tersebut mencapai 19,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 275,99 triliun (kurs Rp 14.300).

Jumlah kekayaan tersebut bisa digunakan untuk melakukan vaksinasi seluruh penduduk di negara berpendapatan rendah, demikian seperti dinyatakan oleh The People's Vaccine Alliance. 

Orang-orang yang terlibat dalam The People's Vaccine Alliance, yakni Oxfam, Global Justice Now, dan UNAIDS, menganalisis data daftar orang kaya versi Forbes untuk memperlihatkan besaran harta yang didapatkan oleh segelintir orang dari proses vaksinasi yang didanai oleh publik.

"Betapa bukti kegagalan kolektif kita untuk mengendalikan penyakit kejam ini sehingga kita dengan cepat menciptakan miliarder vaksin baru, tetapi sama sekali gagal memvaksinasi miliaran orang yang sangat membutuhkan untuk bisa merasa aman," ujar Health Policy Manager Oxfam Anna Marriott.

Dikutip dari CNN, banyak perusahaan farmasi yang mencatatkan lonjakan harga saham sejak distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved