Breaking News:

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Targetkan Program Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Bisa Tuntas Akhir Juni 2021

total untuk vaksinasi lansia di Banyuwangi terdapat sekitar 150 ribu jiwa, yang pelaksanaannya dilakukan secara serentak oleh 45 puskesmas, dimulai

SURYA.CO.ID/Haorrahman
Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah meninjau pelaksanaan vaksinasi covid 19 bagi warga lanjut usia (lansia). 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk para lansia bisa tuntas akhir Juni tahun ini.

“Banyuwangi telah menetapkan 150 ribu lansia sebagai sasaran vaksin covid 19. Targetnya sekitar akhir Juni semua harus terselesaikan. Setelah itu kami lanjutkan untuk sasaran berikutnya,” kata Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi lansia, di Balai Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Rabu 19 Mei 2021.

Sugirah mengatakan, total untuk vaksinasi lansia di Banyuwangi terdapat sekitar 150 ribu jiwa, yang pelaksanaannya dilakukan secara serentak oleh 45 puskesmas, dimulai sejak Senin (17/5/2021).

"Sebenarnya, pada Maret lalu kami sudah mulai melakukan vaksinasi bagi lansia namun masih dalam jumlah sedikit. Dari catatan Dinas Kesehatan, baru sekitar 3.200 lansia yang telah divaksin. Kali ini kami lanjutkan kembali, semoga bisa selesai sesuai target," harap Sugirah.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Swab Antigen Gratis untuk Para Santri yang Akan Kembali ke Ponpes

Mantan anggota DPRD Banyuwangi tersebut mengatakan, untuk mekanisme pelaksanaan vaksinasi dilakukan oleh puskesmas masing-masing berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa.

Seperti Puskemas Kalibaru Kulon yang melakukan vaksinasi di balai desa, agar para lansia lebih mudah untuk menjangkau lokasi.

Selain itu ditempatkan di balai desa karena lebih luas sehingga memungkinkan social distancing lebih terjaga.

"Pemerintah desa juga punya mobil operasional yang bisa disiagakan apabila ada warga lansia yang membutuhkan," kata Sugirah.

"Ada pula petugas yang mendatangi rumah lansia yang memiliki keterbatasan fisik.

Kami ucapkan terima kasih atas dedikasi para tenaga medis yang telah proaktif untuk memberikan kemudahan layanan vaksinasi bagi para lansia," jelas Sugirah.

Halaman
12
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved