Breaking News:

Tips dan Trik

Lima Cara Menghindari Kebocoran Data Pribadi Anda

Walau demikian, kemudahan ini bukan tanpa risiko. Berkaca pada sejumlah peristiwa, kebocoran data pengguna selalu mungkin terjadi.

Editor: DionDBPutra
ilustrasi
Kebocoran data pribadi bisa terjadi karena dua kemungkinan, dari pihak aplikasi dan pengguna. Maka inisiatif mengamankan akun harus datang dari dua pihak. 

TRIBUN-BALI.COM - Kemajuan teknologi perlahan yang sangat pesat dewasa ini mengubah gaya hidup masyarakat termasuk dalam hal bertransaksi atau belanja.

Walau demikian, kemudahan ini bukan tanpa risiko. Berkaca pada sejumlah peristiwa, kebocoran data pengguna selalu mungkin terjadi.

Pengamat IT yang juga Chief Digital Forensic Indonesia Ruby Alamsyah menjelaskan, kebocoran data bisa terjadi karena dua kemungkinan, dari pihak aplikasi dan pengguna. Oleh karena itu, inisiatif mengamankan akun semestinya datang dari dua pihak.

Baca juga: Kebocoran Data BPJS Kesehatan Masih Misteri, Kominfo Segera Panggil Direksi BPJS

Baca juga: Telkomsel Lapor Ke Bareskrim Terkait Dugaan Kebocoran Data Pelanggan, Ini Imbauan Menkominfo

Selain pihak aplikasi, pengguna berkewajiban mengamankan data dan akunnya.

"Ini seperti Anda punya rumah mewah. Anda mengamankannya dengan kamera pengawas canggih dan gembok berlapis. Namun lupa mengamankan pintu belakang, ya sama saja rumah Anda tetap bisa dibobol, kan?," ujarnya melalui keterangan tertulis dikutip dari Kompas.com, Rabu 12 Mei 2021.

Ruby berbagi lima langkah sederhana untuk mengamankan akun dan data ketika memanfaatkan aplikasi.

Pertama, pelajari aplikasi yang akan diunduh menerapkan autentikasi jenis apa.

Hanya pakai nama pengguna dan kata sandi atau dibekali sistem pengamanan tambahan yang membuat akun, sandi, hingga nomor ponsel tersimpan dengan aman.

Kedua, gunakan kata sandi yang tidak mudah dilacak dan ubah secara berkala tapi jangan terlalu sering untuk menghindari lupa.

Ketiga, jangan gunakan kata sandi yang sama untuk beragam akun aplikasi dan surel. Karena jika satu dibobol, maka akun yang lain bisa disusupi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved