Breaking News:

Kesehatan

Selain Untuk Kesehatan Mr. P, Sunat Juga Dipercaya Dapat Cegah HIV Hingga 60 Persen

Sunat, Khitan atau Sirkumsisi merupakan kegiatan yang memiliki fungsi beragam khususnya pada laki-laki.

(nito100)
Ilustrasi sunat 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASARSunat, Khitan atau Sirkumsisi merupakan kegiatan yang memiliki fungsi beragam khususnya pada laki-laki.

Ada yang melakukannya dengan alasan kesehatan ada pula karena kepercayaan.

Sunat sendiri merupakan suatu tindakan dimana melakukan pemotongan pada sebagian atau seluruh kulup yang menutupi kepala penis

Dan mengenai hal tersebut, Ketua Asosiasi Seksologi Indonesia Cabang Bali, dr. Made Oka Negara, M.Biomed, FIAS, menjelaskan terdapat tiga alasan lain mengapa laki-laki melakukan sunat. 

"Ada tiga alasan utama orang menjalani sirkumsisi atau sunat yakni, alasan kepercayaan, indikasi medis dan pencegahan penyakit. Sirkumsisi telah dilakukan sejak jaman prasejarah, dapat dibuktikan dari gambar-gambar di gua yang berasal dari jaman batu dan makam Mesir kuno," jelasnya pada, Senin 31 Mei 2021.

HIV/AIDS di Denpasar 13 Ribu Kasus, Arya: Kita Kehilangan Orang Terdekat

Kasus HIV/AIDS di Denpasar Mengalami Peningkatan, Data Terakhir Mencapai 13 Ribu Kasus

Lebih lanjutnya dr. Oka menerangkan pada masa lampau, Sirkumsisi atau Sunat merupakan bagian dari ritual pengorbanan atau tanda penyerahan pada yang disembah, tanda masuk tahapan menuju dewasa, tanda kekalahan atau perbudakan, atau upaya untuk menghambat fungsi seksual yang dianggap berlebihan.

Dan kemudian hingga saat ini diwajibkan dilakukan pada penganut agama Islam, Yahudi dan beberapa kepercayaan lokal di beberapa daerah tertentu. 

Secara medis, Sirkumsisi harus dilakukan pada kasus Phimosis, atau kondisi dimana kulup penis anak tidak bisa ditarik ke belakang.

Sehingga menutup ujung penis yang akhirnya membuat kesulitan untuk buang air kecil dan berisiko infeksi hingga kanker penis jika dibiarkan. 

Halaman
12
Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved