Breaking News:

Berita Klungkung

Ternak Sapi Warga Mati Penuh Luka di Subak Penasan Klungkung, Diduga Akibat Serangan Anjing Liar

Petani di Subak/Dusun Penasan, Desa Tihingan, Banjarangkan, Klungkung diresahkan dengan keberadaan anjing liar yang menyerang hewan ternak mereka.

ist
Anak sapi warga di Subak Penasan, Desa Tihingan ditemukan mati dalam kondisi penuh luka, Sabtu (5/9). Diperkirakan akibat diserang anjing liar. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Petani di Subak/Dusun Penasan, Desa Tihingan, Banjarangkan, Klungkung diresahkan dengan keberadaan anjing liar yang menyerang hewan ternak mereka.

Bahkan sampai saat ini sudah ada 4 anak sapi atau godel yang diserang anjing liar hingga mati.

"Pagi ini ada seekor sapi lagi yang mati, dugaan warga karena diserang anjing liar. Usia sapi yang tadi ditemukan mati berusia 9 bulan. Melayang jerih payah petaninya," ujar Perbekel Desa Tihingan I Wayan Sugiarta berdasakan keterangan tertulisnya, Sabtu 5 Juni 2021.

Anak sapi yang ditemukan mati tersebut, mengalami luka terbuka pada pangkal paha.

Termasuk robek pada bagian telinga.

Kondisi ini sengat meresahkan petani setempat.

Antisipasi Datangnya Musim Penghujan, Ratusan Ekor Sapi di Jembrana Divaksin dan Diberi Vitamin

Warga Kota Ini yang Ikut Vaksinasi Covid-19 Bisa Dapat Sapi Seharga Rp 9 Juta

"Saya tidak tau persis berapa ternak warga yang diserang anjing liar ini. Tapi menurut info sudah ada korban sebelum ini, diperkirakan 4 ekor ternak warga yang sudah jadi korban selama ini," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida menjelaskan, jika benar kematian ternak warga itu karena serangan angin liar, memerlukan cara penanganan yang khusus.

"Biasanya anjing jenis ini tidak pernah kita temui di pagi atau siang hari. Kondisi ini memerlukan kesepakatan dan cara-cara khusus untuk  dilaksanakan," ungkap Juanida dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 5 Juni 2021.

Rencananya, Senin 5 Juni 2021 petugas dari Dinas Pertanian akan berkoordinasi dengan pihak desa, untuk menentukan apa yang harus dilakukan terkait dengan keberadaan anjing liar tersebut. (Mit)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved