Breaking News:

Berita Gianyar

UPDATE: Bantu Pedagang Pasar Blahbatuh, Bupati Gianyar Siapkan Bantuan Rp 750 Ribu hingga Rp 3 Juta

Bupati Gianyar, Made Mahayastra, bergerak cepat dalam menjamin masa depan para pedagang di Pasar Umum Blahbatuh

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Bupati Gianyar - UPDATE: Bantu Pedagang Pasar Blahbatuh, Bupati Gianyar Siapkan Bantuan Rp 750 Ribu hingga Rp 3 Juta 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Bupati Gianyar, Made Mahayastra, bergerak cepat dalam menjamin masa depan para pedagang di Pasar Umum Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali.

Hal itu dirumuskan dalam rapat yang dilakukannya dengan Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Mayun, Sekda Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya, BPBD, Disperindag, BPKAD dan asisten pemerintahan, Rabu 16 Juni 2021 pagi.

"Tadi pagi-pagi sekali kita rapatkan terkait kebakaran Pasar Blahbatuh. Tadi yang kita bahas, adalah langkah pertama yang harus kita ambil adalah harus memberikan stimulasi berupa bantuan pada pedagang yang terbagi dalam beberapa klaster," ujar Bupati Gianyar, Made Mahayastra usai rapat.

Adapun klaster yang dimaksudkan ini adalah, pedagang toko, los, kios dan pelataran.

Baca juga: Tak Sempat Selamatkan Dagangan dari Kebakaran Pasar Blahbatuh, Wayan Ajin : Sudah Ludes Semua

Dimana untuk jumlah bantuan dana tersebut, Mahayastra mengatakan, minimal mereka bisa memenuhi kebutuhan hidup satu sampai dua bulan.

Selain bantuan dari Pemkab Gianyar, Mahayastra juga menyebutkan Gubernur Bali, Wayan Koster, menyampaikan keprihatinan terhadap musibah ini.

"Tadi kita sempat telepon Gubernur, kita sampaikan dan saya laporkan terkait kejadian ini. Pak Gubernur prihatin, dan saat ini sedang merapatkan dengan Sekda. Kiranya nanti akan memberikan bantuan kepada para pedagang. Tapi itu belum bisa dipastikan, karena beliau masih rapat," ujarnya.

"Namun yang jelas skema bantuan kita, pedagang tokonya dan kiosnya, minimal untuk mereka bisa hidup 1-2 bulan, besaran yang kita rancang, yang punya toko sekitar Rp 3 juta per orang. Los atau kios Rp 2 juta per orang, sedangkan pedagang di plataran Rp 750 ribu per orang. Sebab yang di pelataran ini masih bisa menyelamatkan beberapa barangnya," imbuhnya.

"Sumber dana bantuannya dari dana bantuan tidak terduga, yang nilainya sekitar Rp 5 miliar. Memang kondisi kita saat ini sedang sulit. Namun dana ini memang disiapkan untuk musibah seperti ini," tandasnya.

Selain membahas soal bantuan, pihaknya juga membahas terkait relokasi para pedagang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved