Breaking News:

Corona di Indonesia

Kemenparekraf Terus Finalisasikan Program Travel Corridor Arrangement (TCA) Bali

Meskipun kasus Covid-19 terjadi peningkatan tajam secara nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mempersiapkan finalisasi TCA

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Zaenal Nur Arifin
Screenshot dari acara weekly press briefing secara virtual bersama Menparekraf Sandiaga Uno, Senin 28 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Meskipun kasus Covid-19 terjadi peningkatan tajam secara nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mempersiapkan finalisasi Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk Bali.

"Progres TCA Bali terus kita siapkan, memang kasus Covid-19 meningkat tapi, tidak berarti kita berhenti mempersiapkan terutama dari segi end to end CHSE-nya. Jadi, begitu mendarat sampai kepulangan daripada wisatawan mancanegara kita persiapkan dengan melibatkan K/L-K/L yang lainnya," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam weekly press briefing secara virtual, Senin 28 Juni 2021.

Menparekraf Sandiaga Uno menambahkan pihaknya akan menyesuaikan situasi pandemi Covid-19 untuk meningkatkan koordinasi di level Menteri pembahasan TCA untuk Bali ini, dan akan dibawa ke Bapak Presiden untuk keputusan terakhir setelah keadaan pra-kondisi Covid-19 telah kondusif.

Mengenai peningkatan kasus Covid-19 di Bali satu minggu terakhir dikabarkan dampak dari adanya program Work From Bali, Menparekraf Sandiaga Uno membantahnya.

"Kami mengklarifikasi bahwa program Work From Bali bukanlah menjadi pemicu peningkatan kasus karena data yang kami dapat dari Satgas Covid-19 Bali menunjukkan bahwa dominasi lonjakan kasus itu dipicu oleh transmisi lokal hampir mencapai 84 persen," tegasnya.

BACA JUGA: Vaksinasi Covid-19 di Denpasar Dapat Bonus Sayur hingga Minuman, Targetkan 1.000 Orang  

Oleh karena itu, pihaknya akan mengevaluasi program Work From Bali dan melakukan modifikasi ditengah melonjaknya kasus ini, dan pihaknya berterimakasih kunjungan dari Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) ke Bali stabil sudah ada di level kurang lebih 8 ribu orang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Pihaknya juga ingin program Work From Bali ini dilakukan dengan bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, salah satunya adalah dengan memperkuat vaksinasi Covid-19 dan peningkatan testing.

Dengan adanya surat edaran dari Mendagri bahwa Work From Bali ini akan dimodifikasi seiring dengan harapan kita untuk melandaikan pandemi Covid-19, disaat bersamaan kita akan gencarkan program-program CHSE, percepatan dana hibah pariwisata, dan percepatan beberapa program yang bisa menyentuh masyarakat secara langsung. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved