Breaking News:

Kapal Tenggelam di Gilimanuk

Bantu Korban Selamat KMP Yunicee, Pemkab Banyuwangi Bebaskan Biaya Perawatan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi memfasilitasi penanganan korban KMP Yunicee

Editor: Karsiani Putri
Haorrahman
Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah, saat mendatangi langsung Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Rabu 30 Juni 2021 dini hari  

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI-  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi memfasilitasi penanganan korban KMP Yunicee yang tenggelam saat akan bersandar di Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Sebanyak 36 orang selamat dievakuasi ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, dan 7 orang di antaranya dirujuk ke RSUD Blambangan Banyuwangi untuk mendapatkan penanganan secara intensif.

BACA JUGA: BREAKING NEWS 11 Korban KMP Yunice Masih Dalam Pencarian Tim SAR Gabungan

“Jadi, semalam begitu ada kabar itu, kami ditelepon Bu Ipuk (Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, red) untuk segera cek ke lokasi dan bantu apa yang dibutuhkan. Sebanyak 7 orang yang dirujuk di RSUD Blambangan, dan dinihari tadi sudah diperbolehkan pulang dan dijemput keluarga, setelah mendapat perawatan. Seluruh korban di RSUD Blambangan dibebaskan dari biaya, baik warga Banyuwangi maupun luar daerah,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Dwi Yanto, Rabu 30 Juni 2021.

Dwi Yanto menambahkan, evakuasi penumpang juga ada yang diarahkan ke Pelabuhan Gilimanuk, yaitu sampai Rabu 30 Juni 2021 pagi diinfokan sebanyak 10 orang  dengan rincian 7 orang meninggal dan 3 orang selamat.

“Kita selalu standby untuk langkah-langkah lanjutan seiring perkembangan evakuasi di lapangan oleh Basarnas dan pihak terkait,” ujarnya.

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah mengatakan, Pemkab Banyuwangi turut berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membantu proses evakuasi.

“Kami telah koordinasi dengan Polresta Banyuwangi, korban selamat di Pelabuhan Ketapang sudah boleh pulang. Ada juga yang masih harus dirawat di RSUD Blambangan, tapi dinihari tadi juga sudah boleh pulang,” ujarnya.

Sugirah juga telah berkoordinasi dengan pihak asuransi, untuk memastikan kendaraan milik korban KMP Yunicee mendapatkan haknya.

“Kami juga telah bertemu dan koordinasi dengan pihak asuransi. Mereka juga dipertemukan dengan pihak pemilik kendaraan, dan segera dilakukan pendataan terkait klaim kendaraan yang tenggelam untuk dicairkan sesuai ketentuan,” kata Sugirah. 

Selain membantu proses evakuasi korban selamat yang membutuhkan perawatan intensif, menurut Sugirah, Pemkab Banyuwangi juga menyiagakan ambulans.

“Kami terus koordinasi dengan berbagai pihak terkait, dan siap membantu apa yang dibutuhkan,” kata Sugirah.

Sugirah menyampaikan bela sungkawa terutama bagi pihak keluarga korban KMP Yunicee yang meninggal dunia.

“Kami atas nama Pemkab Banyuwangi menyampaikan bela sungkawa sedalam-sedalamnya. Ibu Bupati juga menelepon kami untuk ikut mengawal proses ini. Semoga seluruh korban bisa dievakuasi, dan kejadian seperti ini tidak terulang kembali," tambahnya.

 (Haorrahman) (*)

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved