Breaking News:

Berita Jembrana

KMP Yunicee yang Karam di Selat Bali Dibuat Tahun 1992, Docking Terakhir Desember 2020

“Kapal dibuat tahun 1992. Dan docking terakhir Desember 2020. Dan harusnya juga pada 2021 ini melakukan lagi untuk setiap tahunnya,” ucapnya, Rabu 30

Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/I Made Ardhiangga Ismayana
Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi Rabu 30 Juni 2021 saat mengunjungi pos SAR Gabungan dan menggelar press conference di ruang VIP ASDP Gilimanuk. 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, terkait dengan tenggelamnya KMP Yunicee sendiri saat ini dalam penyelidikan pihaknya.

Budi menuturkan, bahwa KMP Yunicee merupakan kapal tahun 1992, dan melakukan docking terakhir pada 19 Desember 2020.

Setiap kapal ferry memang harus melakukan docking untuk perawatan. Dan untuk penyebab pasti kapal ialah bukan persoalan pada mesin kapal. Melainkan pada arus laut selat Bali yang cukup kuat.

“Kapal dibuat tahun 1992. Dan docking terakhir Desember 2020. Dan harusnya juga pada 2021 ini melakukan lagi untuk setiap tahunnya,” ucapnya, Rabu 30 Juni 2021.

Baca juga: UPDATE: TNI AL Kerahkan Dua KRI Cari dan Evakuasi Bangkai KMP Yunicee

Dijelaskannya, bahwa dari Ketapang kapal berangkat sekira pukul 17.29 Wita. Dan mengalami kendala di jarak kurang lebih 500 meter sebelum bibir pantai.

KMP Yunicee terkena hempasan arus dan terbawa ke selatan.

Kemudian kapal mengalami kemiringan lima derajat hingga 10 derajat hingga akhirnya tenggelam.

“Korban yang diselamatkan dan dibawa oleh kapal menuju Ketapang 36 penumpang. Sedangkan, untuk yang dibawa ke Gilimanuk 10 penumpang,” ungkapnya.

Dari total 46 penumpang kapal ini, sambungnya, 36 penumpang selamat dan dibawa menuju ke Pelabuhan Ketapang dan dirawat di Banyuwangi.

Sedangkan untuk di Pelabuhan Gilimanuk terdapat 10 orang, tujuh meninggal dan tiga selamat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved