Breaking News:

Berita Gianyar

Kejari Gianyar Musnahkan Ribuan Barang Bukti Narkotika

Kejaksaan Negeri Gianyar memusnahkan sejumlah narkotika dan dan barang bukti sejumlah tindak kejahatan, yang kasusnya telah inkrah di pengadilan.

Penulis: I Wayan Eri Gunarta | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Kejari Gianyar melakukan pemusnahan barang bukti perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, Kamis 15 Juli 2021 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Kejaksaan Negeri Gianyar memusnahkan sejumlah narkotika dan dan barang bukti sejumlah tindak kejahatan, yang kasusnya telah inkrah di pengadilan.

Pemusnahan tersebut dilakukan untuk mengindari penyalahgunaan barang bukti oleh oknum.

Pemusnahan dilakukan di Kantor Kejari Gianyar disaksikan pejabat Polres Gianyar dan Kodim Gianyar, pihak rutan dan BNN Gianyar, Kamis 15 Juli 2021. 

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut, di antaranya narkotika jenis sabu dengan berat 127,41 gram neto, pil ekstasi 50,78 gram, dan ganja seberat 2.897.54 gram netto.

Barang haram tersebut merupakan barang bukti dari 19 perkara yang kasusnya sudah inkrah. 

Baca juga: Sejumlah Pejabat di Pemkab Gianyar Positif Covid-19, Sekda: Belum ada Klaster di OPD

Sementara tindak pidana umum lainnya sebanyak 3 perkara yang berasal dari Tindak Pidana pengancaman, dengan barang bukti berupa: sebuah senjata tajam jenis sabit dengan gagang besi dalam keadaan patah dengan panjang 90 cm, sebilah sabit yang terbuat dari besi dengan gagang yang terbuat dari kayu dengan panjang sabit kurang lebih 83 cm, 225 batang pipa warna kuning ukuran 9 cm, 134 barang stik besi ukuran 10 cm, 10 batang besi pengisian tabung gas 50 kg ukuran 17 cm, 2 batang pipa jongkok ukuran 15 cm. Dan beberapa buah handphone yang berasal dari tindak pidana narkotika.

Kepala Kejari Gianyar, Ni Wayan Sinarwati mengatakan, barak bukti yang dimusnahkan ini adalah barang bukti yang perkaranya telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Pemusnahan ini dilakukan karena pihaknya tidak ingin terjadi penyimpangan. 

Baca juga: Petani di Payangan Gianyar Frustrasi, Koloni Kera Habiskan Buah Siap Panen dalam Semalam

"Barang bukti tersebut tediri dari ganja, sabu, pil ektasi, sajam, gas oplosan."

"Penyimpangan yang dimaksud itu seperti penyalahgunaan yang mungkin bisa dilakukan oleh petugas di barang bukti. Kami lakukan pemeriksaan berkala dan pemusnahan seperti saat ini," ujarnya. 

Kata dia,  saat ini pemusnahan dilakukan berkala. Namun ke depannya, pihaknya merencanakan setiap perkara yang telah memiliki kekuatan hukum, barang buktinya akan langsung dimusnahkan.

"Target ke depan, ketika sudah hukum tetap akan langsung dilakukan pemusnahan," tandasnya. (*)

Berita lainnya di Berita Gianyar

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved