Breaking News:

Berita Bali

Tracing & Testing di Bali Bakal Dioptimalkan, Satu Orang Positif Covid-19, 15 Kontak Erat Ditelusuri

"Mulai Senin besok kita perbanyak tracing dan testing, setiap 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19 kita lacak kontak erat sebanyak 15 orang

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika, Sp.PD., MARS saat meninjau salah satu hotel tempat isoman terpusat di Bali. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kodam IX/Udayana per Senin 26 Juli 2021 mulai mengoptimalkan upaya tracing dan testing lebih masif kepada minimal 15 orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika, Sp.PD., MARS saat dikonfirmasi Tribun Bali, pada Minggu 25 Juli 2021.

"Mulai Senin besok kita perbanyak tracing dan testing, setiap 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19 kita lacak kontak erat sebanyak 15 orang

Ini supaya laju penularan dapat segera ditekan, kita sudahi pandemi ini bersama-sama dengan kekompakan, terlebih di Bali agar pariwisata dapat segera dibuka," ujarnya.

Baca juga: Kodam IX/Udayana Siapkan 23 Tempat Isoter, Sewa Rumah Penduduk Hingga Asrama Mahasiswa

Pelacakan/tracing dilakukan secara digital maupun penelusuran langsung oleh Babinsa di Koramil jajaran di tiap desa/kelurahan.

"Tracing dilakukan secara digital menggunakan aplikasi Silacak

Kita jalin kerjasama dengan relawan yang berkompetensi digital, kemudian by phone langsung ke yang bersangkutan maupun pelacakan langsung melalui Babinsa dan koordinasi dengan Puskesmas setempat," kata dia. 

Setelah tracing kontak erat didapat, kemudian dilakukan rapid test antigen bagi mereka yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Mereka yang hasil testnya positif bakal mendapatkan penanganan sebagaimana mestinya.

"Dilakukan rapid test antigen, kalau positif dilanjutkan tes PCR, apabila menunjukkan positif kalau tanpa gejala dilakukan isolasi mandiri terpusat

Apabila dengan gejala sedang hingga berat dirawat di rumah sakit," bebernya. (*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved