Breaking News:

Berita Karangasem

Selama PPKM, Biaya Perawatan Taman Edelweis di Karangasem Menggunakan Dana Pribadi

Pengelola Taman Edelweis, Wayan Sudiana, mengungkapkan, perawatan dan gaji pegawai kebersihan di Taman Edelweis diambilkan dari  kantong sendiri

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Saiful Rohim
Suasana Taman Edelweis di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kab. Karangasem. Taman ini kembali ditata dan diperluas oleh pengelola. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Sejumlah  daya tarik wisata (DTW) di Karangasem terpaksa  merogoh uang dari kantong sendiri untuk perawatan selama pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Diantaranya yakni DTW Taman Edelweis di Besakih, Kecamatan Rendang.

Pengelola Taman Edelweis, Wayan Sudiana, mengungkapkan, perawatan dan gaji pegawai kebersihan di Taman Edelweis diambilkan dari  kantong sendiri.

Sejak ada pemberlakuan PPKM, terhitung dari 3 Juli sampai Rabu (28/7/2021). Seperti memperbaiki lokasi spot foto, hingga  membersihkan taman.

"Pengelola tetap memperkerjakan pegawai walaupun Taman Edelweis tutup selama PPKM. Penjaga ada 2 orang, sedangkan kebersihan 6 orang. Semuanya diberikan gaji lima hari sekali, kadang tiga hari sekali," kata I Wayan Sudiana, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Objek Wisata Taman Edelweis di Karangasem Ditata Kembali dan Diperluas Jelang Nataru

Selama diterapkannya PPKM Darurat, objek wisata  tutup. Kunjungan tidak ada sama sekali, sepi.

Pemasukan per harinya nihil. Untuk  sementara biaya perawatan dan gaji pegawainya mengunakan uang  pribadi.

Per bulannya bisa menghabiskan sekitar 5 juta - 10 juta untuk biaya perawatannya.

"Kita berharap wisata bisa kembali dibuka, sehingga pengelola bisa dapatkan penghasilan. Cuma sampai hari ini pengelola belum mengetahui apakah PPKM akan diperpanjang atau tidak," tambah I Wayan Sudiana, pria yang jabat sebagai Kadus Temukus.

Ditambahkan, Objek Wisata Taman Edelweis di Besakih, Kecamatan Rendang, ditata dan diperluas tahun 2020.

Penataan dan perluasan Taman Edelweis dilakukan lantaran keindahan alam lereng Gunung Agung jadi tujuan utama wisatawan. Terutama wisatawan domestik sekitar Provinsi Bali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved