Breaking News:

Seputar Tipes

Jangan Salah, Tipes Bukanlah Penyakit Tifus

tidak jarang di antara kita bingung untuk membedakan antara tipes, tifus (typhus) maupun tifoid.

Editor: I Made Dwi Suputra
tribun bali/dwisuputra
infografis ciri-ciri tipes 

TRIBUN-BALI.COM - Mungkin penyakit tipes menjadi salah satu penyakit yang sudah biasa didengar oleh kita atau bahkan ada yang pernah mengalaminya.

Namun, tidak jarang juga di antara kita bingung untuk membedakan antara tipes, tifus (typhus) maupun tifoid.

Lantas, apakah tipes, tifus atau tifoid adalah satu penyakit yang sama atau sebenarnya suatu hal yang berbeda?

Saat dihubungi oleh Kompas.com, Dokter Umum di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon, dr Lovira Ladieska mengatakan sebenarnya ada perbedaan di antara tiga yang disebutkan tersebut.

Baca juga: Penderita Tipes Sering Mengalami Demam yang Memuncak Pada Malam Hari

Lovira menjelaskan bahwa kata tipes yang biasa kita dengar merupakan istilah yang dikenal masyarakat Indonesia dan merujuk kepada penyakit Demam Tifoid (Typhoid fever/Enteric fever).

Sedangkan, untuk tifus adalah terminologi yang merujuk kepada penyakit berbeda. "Karena secara penamaan mirip, seringkali tifus dan tipes dianggap penyakit yang sama padahal berbeda," kata Lovira kepada Kompas.com, Selasa (6/10/2020).

Tifoid (tipes) Tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii. Bakteri ini bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan melalui feses dari orang yang terinfeksi.

Seringkali terjadi, bakteri ini ada di air yang terkontaminasi dengan feses dan bisa menempal pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi, dan umumnya menyerang usus.

Baca juga: Demam, Batuk Kering hingga Banyak Keringat, Berikut 11 Gejala Tipes yang Perlu Diwaspadai

Maka daripada itu, Lovira menyampaikan sanitasi yang baik dan bersih menjadi kunci dari mencegah infeksi bakteri Salmonella typhii penyebab tipes ini.

Tifus (typhus) Berbeda dengan tifoid, tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri genus Rickettsia seperti Rickettsia typhii atau Rickettsia prowazekii yang dibawa oleh ektoparasit.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved