Breaking News:

Citizen Journalism

Risiko Mata Minus saat Belajar Daring, Lakukan Hal Ini untuk Kesehatan Mata Anak

Ketika belajar online waktu melihat layar yang panjang akan memperparah ketegangan mata, menyebabkan mata menjadi lelah serta memperjarang proses berk

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
WARTA KOTA/NUR ICHSAN
BELAJAR ONLINE - Pada artikel ini membahas beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesahatan mata anak selama proses belajar daring. 

Penulis : dr. Dewa Ayu Ina Dianata, S. Ked

TRIBUN-BALI.COM - Untuk mengontrol angka penyebaran Covid 19, pembelajaran diberlakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (pjj).

Proses pembelajaran ini diharapkan dapat melindungi anak-anak dari paparan virus.

Anak-anak yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan pekerjaan jarak dekat seperti membaca, menulis atau melihat layer elektronik ditambah dengan penurunan waktu aktivitas di luar ruangan bisa lebih rentan terhadap kelainan mata minus atau miopia.

Miopia merupakan salah satu penyebab terbesar gangguan penglihatan pada anak dan bisa menjadi faktor resiko gangguan penglihatan lainnya di kemudian hari.

Penyakit miopia atau mata minus akan memberikan gejala kabur saat anak melihat jarak jauh namun melihat jelas dalam jarak yang dekat.

Miopia merupakan penyakit multifaktorial dimana bisa bersifat diturunkan dari orang tua ataupun tidak.

Gejala yang biasa dirasakan penderita adalah mata terasa tegang atau berat, nyeri kepala, sering menyipitkan mata untuk dapat melihat dengan jelas, dan pada anak sekolah akan ada kesulitan saat melihat papan tulis.

Ketika belajar online waktu melihat layar yang panjang akan memperparah ketegangan mata, menyebabkan mata menjadi lelah serta memperjarang proses berkedip sehingga mekanisme lubrikasi bola mata terganggu yang kemudian myebabkan mata kering.

Baca juga: Jika Pandemi Covid-19 Berakhir, Koster Bakal Lanjutkan Metode Belajar Mengajar Daring di Bali

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesahatan mata anak selama proses belajar daring antara lain :

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved