Breaking News:

Berita Badung

BKSDA Bali Terima Owa Siamang dari Bupati Badung, Sempat Jadi Perbincangan Netizen di Sosmed

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali menerima penyerahan satwa dilindungi berupa sekor Owa Siamang

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Karsiani Putri
Adrian Amurwonegoro
Tangkapan layar Owa Siamang yang diserahkan Bupati Badung Giri Prasta ke BKSDA Bali 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali menerima penyerahan satwa dilindungi berupa seekor Owa Siamang dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, di kantor Balai KSDA Bali, Denpasar, Bali, pada Rabu 15 September 2021.

"Pada hari ini kami menerima penyerahan satwa dilindungi Undang-Undang oleh I Nyoman Giri Prasta," kata Kepala BKSDA Bali, R Agus Budi Santosa dalam jumpa pers.

Ia menjelaskan, satwa yang diserahkan berupa seekor Owa Siamang dalam bahasa Latin Symphalangus syndactylus berjenis kelamin betina dengan umur 2 bulan. 

Satwa ini dilindungi Undang-Undang berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan Dan Satwa Yang Dilindungi. 

"Sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku, satu ekor Owa Siamang tersebut akan dilepasliarkan di habitat aslinya di Provinsi Sumatera Barat dengan terlebih dahulu dilakukan rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Owa di Kalaweit Sumatera Barat," ujarnya.

Sebelum dilaksanakan translokasi satwa tersebut ke Provinsi Sumatera Barat, kata Agus terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa satwa tersebut dalam kondisi sehat.

Baca juga: Dua Duta Denpasar Wakili Bali dalam Lomba Ustawa Dharma Gita Tingkat Nasional 2021

Baca juga: Disdikpora Badung Akui Masih Menggodok Terkait PTM di Badung Ditengah PPKM Level 3

Pihaknya berpesan bagi masyarakat yang memiliki atau merawat Owa Siamang agar menyerahkan atau melaporkan kepada Balai KSDA Bali melalui Call Centre 081246966767.

Sebelumnya, di Instagram pribadinya, Bupati Badung Giri Prasta sempat mengunggah video moment bersama Owa Siamang berusia dua bulan itu dengan diajaknya berlatih berjalan, postingan itu ramai komentar warganet, namun saat ini postingan itu telah dihapus dan Owa Siamang telah diserahkan ke BKSDA Bali. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved