Breaking News:

Berita Badung

Owa Siamang Milik Bupati Badung Diserahkan ke BKSDA Bali, Akan Dilepasliarkan di Hábitat Aslinya

Balai KSDA Bali menerima penyerahan satwa dilindungi Undang-Undang oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Zaenal Nur Arifin
Tangkapan layar unggahan video Giri Prasta serahkan Owa Siamang 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Balai KSDA Bali menerima penyerahan satwa dilindungi Undang-Undang oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan langsung diterima oleh Kepala Balai BKSDA Bali R. Agus Budi Santosa, Rabu 15 September 2021 di Kantor BKSDA Bali.

Satwa yang diserahkan berupa Owa Siamang (Symphalangus syndactylus) sebanyak satu ekor berjenis kelamin betina dengan umur 2 bulan. 

Satwa ini dilindungi Undang-Undang berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan Dan Satwa Yang Dilindungi.

“Selanjutnya, sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku, satu ekor Owa Siamang tersebut akan dilepasliarkan di hábitat aslinya di Provinsi Sumatera Barat dengan terlebih dahulu dilakukan rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Owa di Kalaweit Sumatera Barat,” ujar Budi Santosa dalam keterangan resminya.

Sebelum dilaksanakan translokasi satwa tersebut ke Provinsi Sumatera Barat, terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa satwa tersebut dalam kondisi sehat.

Baca juga: DTW dan Pantai Dibuka Dengan Kapasitas 50 Persen, Polres Badung Mulai Perketat Pengawasan

Baca juga: Ranperda Kota Layak Anak di Denpasar Disahkan, Dewan Soroti Pengemis dan Pekerja Anak 

Ia menyampaikan bahwa satwa Owa Siamang ini adalah salah satu satwa yang dilindungi Undang-Undang untuk itu masyarakat yang memiliki atau merawat agar menyerahkan atau melaporkan kepada Balai KSDA Bali melalui Call Centre 081246966767.

Sebelumnya, viral sebuah video di media sosial Bupati Badung mengajak bermain seekor Owa Siamang yang diberi nama Mimi. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved