Breaking News:

Masa Pandemi COVID-19, SMAN 1 Kintamani Bangli Implementasikan Lighthouse School Program

SMA Negeri 1 Kintamani mengimplementasikan Lighthouse School Program (LSP) yang digagas Putera Sampoerna Foundation

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Dua pelajar SMA N 1 Kintamani melakukan kegiatan Lighthouse School Program (LSP). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwongeoro

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - SMA Negeri 1 Kintamani mengimplementasikan Lighthouse School Program (LSP) yang digagas Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach (PSF-SDO) bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas di tengah pembatasan aktivitas tatap muda pada masa pandemi COVID-19.

Menandai pencapaian kegiatan dan akhir dari implementasi program Lighthouse School, SMAN 1 Kintamani menyelenggarakan Kulminasi yang di dalamnya terdapat dua kegiatan inti yaitu Diseminasi Guru dan Seminar Orang Tua. 

Baca juga: Masuk Polres Bangli Wajib Scan QR Code PeduliLindungi

Materi seminar orangtua berfokus pada penguatan pendampingan orangtua di masa Pembelajaran Jarak Jauh serta diharapkan dapat memotivasi orangtua siswa untuk mendukung langkah putra-putrinya ke jenjang pendidikan universitas

Materi seminar tersebut berjudul “Sadhu Wirasa sebagai Upaya untuk Menjaga Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19”. 

Sedangkan kegiatan diseminasi guru mengangkat tema “Pembelajaran Jarak Jauh Interaktif Berbasis Pelantar Digital Edukatif Diseminator” serta “Pembuatan dan Pemanfaatan LKPD Live Worksheet dalam Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19” yang dibawakan langsung oleh guru-guru SMAN 1 Kintamani yaitu Ni Nengah Miniawati, S.Pd., I Wayan Edi Setyawan, S.Pd, I Gusti Ayu Srijati, S.Sn., dan Ni Luh Putu Soniyani, S.Pd.

Baca juga: 31 Pelamar PPPK Guru di Bangli Tak Hadiri Seleksi Lantaran Reaktif Covid-19

Kepala Sekolah SMAN 1 Kintamani, I Ketut Ada mengatakan pendidikan adalah hal yang penting untuk kemajuan suatu bangsa, melalui pendidikan suatu bangsa melahirkan generasi penerus yang berkualitas.

Dalam prosesnya, tentu saja hal ini tidak hanya menjadi tangung jawab pemerintah semata, namun seluruh pihak memiliki peran dalam mewujudkan gerenari muda calon penerus bangsa.

“Kegiatan-kegiatan ini merupakan pencapaian dari apa yang telah kami lakukan melalui Lighthouse School Program dengan berbagi pengalaman dan praktik baik kepada guru-guru, siswa, hingga orang tua siswa yang berada di Bali dan sekitarnya. Semua keberhasilan ini tentu didukung oleh Putera Sampoerna Foundation," ucapnya dalam keterangan tertulis yamg diterima Tribun Bali, Jumat 17 September 2021.

Baca juga: 40 Koperasi di Bangli Terkategori Tidak Aktif, Termasuk Koperasi Pegawai Negeri Eka Praja

Ia menjelaskan, Lighthouse School merupakan suatu program peningkatan kualitas sekolah secara holistik dan intensif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel, didukung oleh guru-guru berkualitas, terutama pada bidang STEM & Bahasa Inggris dengan menerapkan praktek terbaik pembelajaran internasional. 

"Program ini bertujuan untuk membentuk sekolah model yang efektif dalam menciptakan lulusan yang berkualitas, yang mencapai/ melampaui Standar Nasional Pendidikan sehingga dapat menjadi referensi bagi sekolah lainnya," ujarnya.

Baca juga: Siswa SD Mencuri Motor di Bangli, DS Takut Kena Marah Orangtua, Tinggalkan Motor Curian di Sawah

Dengan diimplementasikannya Lighthouse School Program, pihaknya berharap mampu mempercepat pemerataan peningkatan kualitas pendidikan yang nantinya dapat menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh untuk mewujudkan cita-cita bangsa dalam dunia internasional. (*)

Berita lainnya di Berita Bangli

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved