Breaking News:

Pilpres 2024

Megawati Belum Tentukan Capres dari PDIP, Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan banyak faktor yang menentukan Megawati untuk menetapkan sosok capres.

Editor: DionDBPutra
Dok KSP
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko (kiri) bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kampayekan protokol kesehatan 3M melalui pendekatan budaya. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Saat partai politik lain sudah secara gamblang menyatakan bakal mengusung siapa calon presiden di Pilpres 2024, teka teki masih menyelimuti PDI Perjuangan (PDIP).

Beberapa nama kader banteng masih terus bermunculan di masyarakat, mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga putra putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yakni Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan banyak faktor yang menentukan Megawati untuk menetapkan sosok capres.

Baca juga: Kader Banteng Dilarang Bicara Capres-cawapres, Mega Tebar Ancaman Sanksi

Baca juga: Jika Maju Pilpres 2024, Erick Thohir Bakal Jadi Pemecah Kebuntuan Capres yang Itu-itu Saja

Bahkan tingkat elektoral kepala daerah PDIP yang relatif tinggi belum jadi jaminan untuk dipilih.

"Tentang elektoral kepala daerah PDIP yang relatif tinggi dan rata-rata bisa menjabat dua periode itu menunjukkan bahwa proses kaderisasi kepemimpinan yang dilakukan partai melalui sekolah partai itu berhasil dan diterima rakyat. Tapi untuk ditetapkan sebagai calon presiden banyak faktornya," ujar Hasto, dalam diskusi 'Siapa Capres PDI Perjuangan', Jumat 17 September 2021.

Penetapan capres dari partai berlambang banteng moncong putih itu juga tak lepas dari tradisi Megawati berkontemplasi untuk memohon petunjuk dari Tuhan Yang Mahakuasa.

Di sisi lain, Hasto menyebut para kader PDIP telah memercayakan kepada Megawati untuk menggunakan hak prerogatifnya dalam mengambil keputusan siapa capres penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tak hanya itu, Megawati dikatakan juga masih mendengarkan masukan dari rakyat termasuk para pemimpin seperti Jokowi.

"Tradisi itulah yang dibangun oleh Bu Megawati, sehingga pada momentum yang tepat pasti nanti ada keputusan yang terbaik tentang siapa yang dicalonkan," ucapnya.

Ketika disinggung mengenai kemungkinan Ganjar bakal diusung PDIP, Hasto menegaskan bahwa Megawati lah yang akan menetapkan siapa sosok tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved