Breaking News:

Berita Badung

Pengurusan Izin Usaha Untuk di Badung Gunakan Sistem OSS, Tercatat 11.223 UKM Miliki Izin

Pemerintah Kabupaten Badung kini mempermudah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mengurus izin. Pasalnya pemkab Badung kini sudah menerapkan siste

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan I Made Widiana 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pemerintah Kabupaten Badung kini mempermudah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mengurus izin.

Pasalnya pemkab Badung kini sudah menerapkan sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko untuk pengurusan izin.

Bahkan dengan adanya OSS tersebut tercatat sebanyak 11.223 UKM yang sudah memiliki izin.   

Hal itu pun tentu berdampak positif, sehingga pemkab Badung melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan bisa melakukan pendataan sesuai izin yang dikeluarkan.

"Iya memang sampai saat ini jumlah izin terbit bagi UMK melalui sistem OSS dari Januari hingga 31 Juli 2021 sebanyak 11.223 izin," ujar Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan I Made Widiana saat dikonfirmasi Minggu 19 September 2021.

Dishub Badung Ngaku Belum Berani Putuskan Terkait Aturan Ganjil Genap di Kuta, Sebut Perlu Dikaji

Menurutnya, sistem OSS memberikan data yang akurat terkait keberadaan UKM yang telah mengurus atau mengantongi izin. Pasalnya jika UKM mengurus melalui OSS maka data dari OSS lebih akurat, karena lewat sistem.

"Jadi untuk pengurusan izin sekarang bisa dilakukan secara online. Data yang kami terima pun lebih akurat," jelasnya.

Kendati demikian, sebelumnya, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, mengatakan perkembangan UMK di Kabupaten Badung tahun 2019-2021 tiap tahunnya semakin meningkat.

Namun, permasalahan yang dihadapi pelaku UMK di Kabupaten Badung adalah sebagian besar UMK tidak memiliki izin usaha, sehingga pemkab Badung membuta sistem online.

Bahkan adanya sistem OSS akan memudahkan pelaku usaha mengurus izin usaha.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved