Breaking News:

TIPS Menumbuhkan Rasa Percaya Diri & Rendah Hati Dalam Diri Anak, Satu Diantaranya Adalah Komunikasi

Tribunners, sebagai upaya untuk memunculkan potensi atau bakat dalam diri anak-anak memang dibutuhkan rasa percaya diri yang kuat.

Editor: Karsiani Putri
Freepik
ILUSTRASI- Keluarga Bahagia 

TRIBUN-BALI.COM- Tribunners, sebagai upaya untuk memunculkan potensi atau bakat dalam diri anak-anak memang dibutuhkan rasa percaya diri yang kuat.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengapresiasi setiap pencapaian maupun segala sesuatu yang dilakukan oleh anak-anak untuk meraih pencapaian itu.

Meski demikian, orangtua perlu memahami bahwa dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak juga perlu disertai dengan sikap yang rendah hati.

Rendah hati amat berarti agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang arogan.

Para narasumber yang sudah berpengalaman di dunia anak-anak membagikan sejumlah tips menumbuhkan rasa percaya diri dan tetap rendah hati.

Pandangan tersebut mereka sampaikan dalam acara virtual diskusi panel Biskuat #GenerasiTiger, Senin 27 September 2021 lalu.

1. Komunikasi

Psikolog Anak dan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi mengungkapkan, kunci utama dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah komunikasi.

"Jika anak-anak mulai menunjukkan apa pun potensinya, kita bisa mengomunikasikannya dalam bentuk pujian. Dan, tidak membandingkan mereka dengan orang lain ketika potensi itu belum terlihat," kata Seto.

 Selain itu, orangtua juga berperan penting untuk memberi tahu anak mengenai setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved