Breaking News:

Berita Gianyar

WNA di Ubud Ikuti Program Vaksinasi Massal, Kapolsek: Harus Ada Izin Kedutaan

Kepolisian di Kabupaten Gianyar, Bali terus berupaya membantu pemerintah daerah mempercepat vaksinasi covid-19 untuk semua masyarakat yang tinggal di

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Suasana vaksinasi covid-19 yang digelar Polsek Ubud di halaman Puri Agung Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali Kamis 30 September 2021 

WNA di Ubud ikuti program vaksinasi massal. Kapolsek: Harus ada izin kedutaan

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Kepolisian di Kabupaten Gianyar, Bali terus berupaya membantu pemerintah daerah mempercepat vaksinasi covid-19 untuk semua masyarakat yang tinggal di Kabupaten Gianyar.

Bukan hanya WNI, mereka juga memberikan ruang untuk Warga Negara Asing (WNA) untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi covid-19 secara gratis.

Hal tersebut terlihat dalam kegiatan vaksinasi yang digelar Polsek Ubud di Puri Agung Peliatan, Kamis 30 September 2021.

Namun dalam vaksine WNA ini, aparat tidak menerima begitu saja. Dimana para WNA ini wajib mendapatkan persetujuan atau izin dari duta besarnya.

Curi Ratusan Bebek, Pemuda Asal Desa Batuan dibekuk Jajaran Polsek Gianyar

Karena hal tersebut, dalam vaksinasi di halaman Puri Agung Peliatan, sejumlah WNA pun gagal mendapatkan pelayanan vaksin, dikarenakan tidak meminta persetujuan Dubes-nya saat ingin mengikuti vaksinasi. 

Kapolsek Ubud, AKP Made Tama mengatakan vaksinasi yang digelar pihaknya ini dilakukan untuk mempercepat proses vaksinasi covid-19 di wilayah Ubud.

Dia menegaskan, kegiatan ini boleh diikuti oleh setiap orang yang tinggal di Ubud. Hanya saja, dalam vaksinasi kali ini, pihaknya hanya menyediakan 300 dosis.

"Karena Ubud daerah tujuan wisata, semua orang yang ada di Ubud wajih divaksin," ujarnya. 

Kata dia, masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi. Bahkan tak sedikit WNA ikut divaksin. "Bule juga, ada yang kami tolak, karena harus ada persetujuan dari kedutaan. Sesuai dengan PMK peraturan menteri kesehatan NOMER 23 2021. Kecuali sudah punya kitas NIK bisa vaksin," ujarnya. 

Dorong Warga Taat Prokes, Polsek Gianyar Bagikan Masker Gratis

Untuk memperlancar, pihaknya telah melakukan sosialiasi tidak hanya lewat pengeras suara. Namun juga lewat dilakukan secara online. Bahkan pendaftaraan bisa dilakukan via online.

"Tinggal daftar lewat online, Googgle form yang disediakan tim IT kami. Tidak isi antre tinggal isi identitas," ujarnya. 

Dalam menyelanggarakan ini pihak polsek bekerja sama dengan Tim medis dari Kenak Medical dan Puskesmas setempat. "Kami penyelenggara mulai pendaftaran, persiapan tempat, sementara dari petugas kesehatan melakukan vaksinasi dan pengecekan secara medis," tandasnya. (*)

Ikuti berita terkini Tribun Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved