Breaking News:

Berita Bali

Melaspas Kantor Baru, Kesdam IX/Udayana Jadi Satu-satunya Makesdam yang Miliki Ruang Transfusi Darah

Melaspas yang merupakan upacara pembersihan dan penyucian bangunan yang baru selesai dibangun atau baru ditempati ini digelar pada Kamis 21 Oktober

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Kegiatan Melaspas kantor baru Makesdam IX/Udayana, Denpasar, Bali, pada Kamis 21 Oktober 2021. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Satuan Kesehatan Kodam IX/Udayana menggelar upacara Melaspas memasuki kantor baru yang rampung setelah 8 bulan dibangun dan memiliki ruangan khusus transfusi darah satu-satunya dari Makesdam lain.

Melaspas yang merupakan upacara pembersihan dan penyucian bangunan yang baru selesai dibangun atau baru ditempati ini digelar pada Kamis 21 Oktober 2021, sekaligus bertepatan dengan menyambut HUT Kesehatan Angkatan Darat ke-76.

Kantor baru Kesdam IX/Udayana digarap oleh kontraktor CV Karya Lestari dengan jangka waktu pembangunan 244 hari kerja terhitung mulai 6 April 2021 sampai dengan 15 November 2021.

"Sebagaimana kepercayaan umat Hindu di Bali, kita gelar upacara Melaspas untuk pembersihan mulai masuk kantor baru setelah 8 bulan pembangunan dan atas petunjuk Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, kantor diserahkan rekanan kepada Kesdam IX/Udayana," ujar Kepala Kesdam IX/Udayana, Kolonel Ckm dr. I Made Mardika saat dijumpai Tribun Bali di sela acara.

Baca juga: Satgas Bencana Nasional BUMN Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi Bali Melalui Kodam IX/Udayana

Melalui upacara Melaspas, kata Kakesdam IX/Udayana diharapkan kantor baru dapat layak ditempati, membawa berkah, keamanan dan ketentraman  bagi satuan Kesdam IX/Udayana serta menjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sebelum masuk rumah kita melaksanakan suatu upacara, biar kita diberikan oleh Tuhan untuk keselamatan, diberikan rejeki, kesehatan yang baik selama kita menempati atau mulai memasuki tempat ini, setelah 8 bulan tidak dipakai mungkin dihuni oleh hal-hal lain," kata dia.

Adapun dana anggaran yang digunakan untuk membangun atau renovasi Kantor Kesdam IX/Udayana senilai Rp 3 Miliar berasal dari pusat dan Pangdam IX/Udayana.

Dijelaskannya, total ada 15 ruangan baru yang bakal dimanfaatkan untuk ruangan kantor, ruangan rapat, ruang piket dan istimewanya ada ruangan khusus transfusi darah sesuai dengan petunjuk Pangdam IX/Udayana lengkap dengan fasilitas tempat tidur dan peralatan donor darah.

"Anggarannya Rp 3 Miliar dari pusat dibantu oleh Pangdam, ada 15 ruangan baru, 1 ruangan khusus untuk pelaksanaan ruangan donor darah. Kamar transfusi darah tersebut sudah sesuai standar dan dilakukan supervisi Kepala Unit Transfusi Darah Bali oleh dr. I Gede Wiryana Patra Jaya.

Dengan keberadaan fasilitas ruangan transfusi darah tersebut, Kolonel Made Mardika berharap dapat meningkatkan kesadaran anggota maupun masyarakat umum untuk mendonorkan darahnya dan menjaga stok kebutuhan darah bagi yang membutuhkan.

"Harapannya anggota semakin sadar melaksanakan transfusi darah secara rutin misal tiap tiga bulan sekali, dan tidak kesulitan mencari tempat, masyarakat umum juga bisa memanfaatkan, ini menjadi satu satunya Makesdam yang memiliki UTD dan sudah disupervisi," pungkasnya. (*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved