Breaking News:

Berita Nasional

Indonesia Satu-satunya Negara Berkembang Dipercaya Helat KTT G20, Polri Siap Kawal Dengan Baik

Indonesia merupakan satu-satunya negara berkembang yang dipercaya oleh dunia internasional menghelat kegiatan bertaraf internasional Presidensi G20

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Noviana Windri
Tribun Bali/Andrian Amurwonegoro
Kepala Divisi Humas Polri Irjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si., M.M didampingi Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si dan Kasubbagberita Ropenmas Divhumas Polri AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si kepada awak media usai kegiatan Apel Kasatwil 2021 di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, pada Jumat 3 Desember 2021. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Indonesia merupakan satu-satunya negara berkembang yang dipercaya oleh dunia internasional menghelat kegiatan bertaraf internasional Presidensi G20 di Pulau Bali.

Terlebih saat ini dunia dihebohkan dengan merebahkan varian baru COVID-19 yang bernama Omicron, dikabarkan penyebarannya sudah sampai di negara tetangga Singapura.

Tentu ini menjadi kewaspadaan tersendiri menjelang perhelatan besar yang bakal dihadiri delegasi negara-negara itu, Polri tentunya mempunyai tanggung jawab dan tugas besar mengawal suksesnya perhelatan ini.

Polri juga bersiap menyikapi setiap perkembangan yang ada di Indonesia secara dinamis serta menunjang stabilitas keamanan dalam rangka menghadapi event -event internaisonal salah satunya Presidensi G20 di Bali.

Kesiapan ini juga disampaikan Kepala Divisi Humas Polri Irjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si., M.M didampingi Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si dan Kasubbagberita Ropenmas Divhumas Polri AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si kepada awak media usai kegiatan Apel Kasatwil 2021 di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, pada Jumat 3 Desember 2021.

Baca juga: Komitmen Restorasi Lahan Kritis, Jokowi akan Ajak Peserta KTT G20 ke Hutan Mangrove Bali

Baca juga: Presiden Jokowi Tinjau Jalan Tol Bali Mandara Akses Menuju Lokasi KTT G20

Baca juga: Presiden Jokowi Berkujung ke Bali Hari Ini, Tinjau Fasilitas dan Insfrastruktur KTT G20

"Tahun 2022 G20 merupakan kepercayaan dunia internaisonal kepada Indonesia, Indonesia menjadi satu-satunya negara berkembang pertama kali diberikan kepercayaan menggelar G20, kami harus mampu mengawal G20 dengan baik," ujar Kadiv Humas.

Irjen Pol Dedi menyampaikan, di tengah merebaknya virus Omicron, dalam arahannya kepada Polri, Presiden Joko Widodo menekankan khususnya untuk membantu pengawasan di pintu-pintu masuk, baik di pelabuhan udara, pelabuhan laut maupun darat.

"Informasi varian itu sudah ada di Singapura, oleh karena itu warga yang bepergian ke tingkat kerawanan betul-betul harus berhati-hati, pengetatan dalam rangka 3T (Tracing, Testing, Treatment) guna mencegah jangan sampai tertular," paparnya.

Berdasarkan hasil riset, disampaikan Kadiv Humas Polri, bahwa varian COVID-19 Omicron menyerang 80 persen orang yang belum tervaksin, dan 60 persen terserang usianya di bawah 5 tahun, serta meninggal dunia di atas usia 50 tahun 

"Ini yang perlu diwaspadai. Prokes merupakan hal mutlak dilakukan, percepatan vaksinasi, presiden meminta akhir tahun seluruh provinsi mencapai target 70 persen khususnya Lansia, karena Lansia merupakan salah satu korban resiko tertinggi di banding usia lain," paparnya.

Di samping itu, di Bali sebagai venue tuan rumah Presidensi G20, dan juga destinasi internasional, Satgas COVID-19 TNI, Polri tergabung Satgas COVID-19 melakuan pengetatan setiap warga baik domestik maupun asing yang memasuki Bali.

"Bali menjadi pengawasan pusat, prokes harus kita perketat dan vaksinasi terus berjalan," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved