Berita Nasional

Citilink Luncurkan Freighter Kedua Untuk Jajaki Pasar Regional Bisnis Kargo

Maskapai penerbangan Citilink melakukan penerbangan perdana untuk pesawat khusus kargo (Freighter) kedua yang dimiliki Citilink, Jumat 10 Desember 202

Istimewa
Citilink - Citilink Luncurkan Freighter Kedua Untuk Jajaki Pasar Regional Bisnis Kargo 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Maskapai penerbangan Citilink melakukan penerbangan perdana untuk pesawat khusus kargo (Freighter) kedua yang dimiliki Citilink, Jumat 10 Desember 2021.

Freighter kedua Citilink ini merupakan modifikasi dari pesawat penumpang berjenis Airbus A320-200 yang dikonversi menjadi pesawat kargo dengan kapasitas muatan hingga mencapai 18 ton.

Proses pelaksanaan konversi pesawat ini dilakukan di GMF AeroAsia dan telah melaksanakan tahapan sertifikasi oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan RI.

“Freighter Citilink ini selanjutnya akan mengangkut kargo di rute-rute domestik Indonesia hingga rute-rute di kawasan Asia,"ujar VP Corporate Secretary & CSR Citilink, Diah Suryani di Jakarta dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Citilink & SiCepat Ekspres Gelar Acara Hidup Sehat Series 2021 Bali, Ira Akui Salah Bawa Sepeda

Ia menambahkan, Citilink menggunakan pesawat penumpang berjenis Airbus A320-200 yang telah memiliki sistem navigasi terkini untuk dikonversi menjadi pesawat kargo, dengan tujuan untuk memperkuat lini bisnis kargo Citilink di pasar regional Asia.

Lebih lanjut Diah menyampaikan, bahwa modifikasi pesawat ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya regulasi dari bandar udara di regional Asia, yang mengharuskan pesawat dengan sistem navigasi terkini untuk beroperasi di wilayahnya.

Dalam penerbangan perdana ini, Freighter menerbangi rute Cengkareng – Pontianak vv (pergi-pulang).

Freighter diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 09.00 waktu setempat menuju Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak.

Di tengah pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu, sebelumnya Citilink juga telah melakukan konversi pesawat berjenis Boeing B737-500 menjadi pesawat kargo (Freighter) dengan total kapasitas muatan sebesar 13 ton.

“Citilink berharap dengan bertambahnya pesawat khusus kargo yang dimiliki Citilink dapat memberikan kontribusi pendapatan tambahan yang signifikan di samping pendapatan utama dari penerbangan penumpang, sehingga kinerja Citilink dapat menapaki tren positif walaupun terdampak oleh pandemi Covid-19,” demikian kata Diah.(*).

Baca juga: Terkait Pemindahan Pilot Garuda Indonesia ke Citilink, Irfan Setiaputra: Dalam Pembahasan

Kumpulan Artikel Nasional

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved