Serba Serbi

Apakah Roh Bisa Tersesat? Begini Penjelasan Ida Pandita Mpu Jaya Acharya Nanda

“Ada pengaruh psikis saat dia masih menjadi manusia yang melekat. Unsur lain seperti karma yang dia buat semasa hidup. Tentu semuanya mempengaruhi

Michael
Ilustrasi roh keluar dari jasad 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Berbicara ihwal roh atau makhluk tak kasat mata, memang bukan perkara mudah.

Namun apakah sejatinya roh seseorang yang telah meninggal itu, memang bisa tersesat di dunia. Atau belum kembali ke alam arwah?

Berdasarkan penjelasan sulinggih, Ida Pandita Mpu Jaya Acharya Nanda, kepada Tribun Bali, Minggu 9 Desember 2022, disebutkan bahwa roh manusia yang telah meninggal itu, memang tidak serta merta bersih dan bisa naik menuju cahaya atau kelepasan bahkan hingga menuju Tuhan.

“Ada pengaruh psikis saat dia masih menjadi manusia yang melekat. Unsur lain seperti karma yang dia buat semasa hidup. Tentu semuanya mempengaruhi,” tegas beliau.

Baca juga: Spirit Dolls, Cara Queen Athena Bantu Roh Anak-Anak 

Karma ini bisa datang dari pikiran, perkataan, hingga perbuatan seseorang yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja.

Untuk itulah, di dalam Hindu dikenal adanya ajaran Tri Kaya Parisudha, yaitu menjaga pikiran tetap suci, menjaga perkataan agar tetap suci, dan menjaga perbuatan agar tetap suci. Sehingga mampu menjaga karma baik.

“Sehingga terkadang karma semasa hidup ini, yang membuat memorinya tetap melekat di roh itu,” kata beliau.

Untuk itu, jelas beliau, dalam upacara yadnya Hindu di Bali ada banyak rentetannya.

Tujuannya adalah membantu roh-roh atau arwah yang telah meninggal, bisa kembali ke alam yang seharusnya atau menuju cahaya ilahi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved