Breaking News:

Berita Badung

Terkait Tambahan Insentif, Bendesa Adat Kapal Apresiasi Program Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera

Pemerintah Provinsi Bali akan melakukan kebijakan baru berupa pemberian insentif kepada Bendesa Adat. Besaran insentif pun mencapai Rp 1 juta per bula

Terkait Tambahan Insentif, Bendesa Adat Kapal Apresiasi Program Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera
ist
Bendesa Adat Kapal Ketut Sudarsana

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pemerintah Provinsi Bali akan melakukan kebijakan baru berupa pemberian insentif kepada Bendesa Adat. Besaran insentif pun mencapai Rp 1 juta per bulan.

Menanggapi hal tersebut, Bendesa Adat Kapal sangat mengapresiasi program yang dikeluarkan pemerintah provinsi Bali.

"Jadi saya sangat menyambut positif hal itu, terlebih beban kerja juga sangat banyak," ujar Bendesa Adat Kapal Ketut Sudarsana saat dikonfirmasi Minggu 9 Januari 2022.

Pihaknya mengaku sejauh ini pekerjaan Desa Adat semakin banyak. Bahkan sensus adat kini juga ada didesa adat, termasuk mendata seka-sekha yang ada di wilayah desa adat.

"Namun untuk tambahan insentif, saya pribadi menyambut positif. Namun pastinya saya belum dapat suratnya," katanya.

Kendati demikian, insentif yang diberikan cukup wajar, mengingat desa adat kini diberikan peran untuk menata semuanya.

"jadi tugas tambahan kita selain menyensus penduduk, juga melakukan pendataan sumur, pura dan yang lainnya. Termasuk juga membentuk persatuan muda mudi dan yang lainnya," jelasnya sembari mengatakan semua itu diatur dalam Perda Desa Adat.

Pihaknya mengakui provinsi Bali juga memberikan anggaran Rp 300 juta untuk desa adat. Hanya saja peruntukannya sudah diatur dengan diberikan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis.

Bahkan porsi-porsi anggaran juga sudah diatur.

"Untuk anggaran yang diberikan untuk di Desa Adat Kapal tidak cukup, karena di Kapal merupakan desa adat yang besar. Mungkin kalau desa adat yang lingkungan adatnya kecil cukup dengan anggaran segitu," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved