Berita Bali

BESOK Singapore Airlines Terbang ke Bali, Penumpang Diarahkan Menunggu Hasil Tes PCR di Hotel

"Dengan adanya dua penerbangan internasional kemarin tanggal 3 dan 10 Februari dari Narita, memberikan kita ada evaluasi pada pelayanan internasional

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Holding area yang digunakan penumpang untuk menunggu hasil tes PCR sebelum menuju hotel karantina 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Maskapai Singapore Airlines mulai besok akan kembali membuka penerbangan komersial internasional ke Bali

Pihak Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali mengaku sudah siap melayani kedatangan dan keberangkatan tersebut.

"Dengan adanya dua penerbangan internasional kemarin tanggal 3 dan 10 Februari dari Narita, memberikan kita ada evaluasi pada pelayanan internasional lain kedepannya.

Untuk besok kami siap melakukan pelayanan penerbangan internasional," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, Selasa (15 Februari 2022).

Baca juga: Menko Luhut Minta Penanganan Sampah Sarbagita Bali Harus Tuntas Sebelum Penyelenggaraan KTT G20

Ada sejumlah perubahan dalam alur kedatangan penumpang internasional, salah satunya holding area yang digunakan bagi penumpang untuk menunggu hasil tes PCR sudah dihilangkan.

Sehingga ketika penumpang tersebut selesai menjalani pemeriksaan di konter Bea Cukai langsung menuju ke konter registrasi hotel dan transportasinya (mobil/bus yang akan mengantarkan penumpang ke hotel karantina).

Alur kedatangan sebelumnya setelah mereka dari konter Bea Cukai menuju holding area untuk menunggu hasil tes PCR keluar, baru setelah itu ke konter registrasi hotel dan transportasi.

"Saat ini setelah proses untuk registrasi hotel dan transportasi mereka langsung menuju exit poin untuk menaiki bus atau mobil yang akan membawa mereka ke hotel karantina.

Jadi kami menghilangkan poin holding area dimana penumpang sebelumnya menunggu hasil tes PCR di Bandara, tapi kami hilangkan jadi penumpang itu langsung ke hotel karantina," jelas Taufan.

Sehingga para penumpang tersebut menunggu hasil tes PCR di hotel karantina, ketika hasil nya negatif mereka melanjutkan proses karantina dengan regulasi selama 7 hari bagi penumpang internasional yang belum vaksin lengkap dan karantina 5 hari bagi yang sudah vaksin lengkap.

Selanjutnya bagaimana yang hasilnya positif, dari Satgas Covid-19 Provinsi bersama pihak hotel yang menindaklanjutinya apakah dilakukan proses isolasi atau dibawa ke RS Rujukan Covid-19.

Dengan adanya poin holding area dihilangkan sehingga penumpang internasional yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali hanya memerlukan waktu lebih kurang 30 menit, dari yang sebelumnya satu penumpang membutuhkan waktu 72 menit dari tiba hingga keluar terminal.

"Sebelumnya satu penumpang membutuhkan waktu 72 menit untuk mengikuti alur protokol kesehatan yang kami terapkan, dengan hilangnya atau ditiadakannya poin holding area maka kurang lebih mereka hanya butuh waktu 30 sampai 35 menit," ungkapnya.

Sehingga prosedur atau alur kedatangan internasional sekarang adalah pengecekan suhu tubuh, melakukan registrasi di cek point dan menunjukkan e-HAC yang sudah diisi sebelum tiba di Bali, melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan di konter Kantor Kesehatan Pelabuhan, lalu melanjutkan proses pengambilan sampel untuk tes PCR, menuju konter Imigrasi untuk proses keimigrasian, pengambilan bagasi, melakukan pemeriksaan barang bawaan oleh Bea Cukai dan melakukan registrasi hotel serta transportasi lalu langsung menuju hotel karantina.

Baca juga: Masa Karantina untuk Wisman ke Bali Dikurangi, Stakeholder Pariwisata Sambut Baik

"Untuk semua alur itu berjalan dengan lancar dan tidak memakan banyak waktu tentunya kami di Bandara telah menyiapkan prosedur pre-flight.

Prosedur pre-flight ini adalah dokumen apa saja yang harus disiapkan oleh penumpang sebelum mereka melakukan penerbangan ke Bali.

Diharapkan kepada seluruh penumpang internasional yang akan ke Bali menyiapkan dokumen pre-flight dengan lengkap," kata Taufan.(*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved