Serba Serbi

Kisah Dalem Dimade Mengungsi ke Guliang Usai Digebuk Gusti Maruti

Disebutkan bahwa pengganti Ida Dalem Kresna Kepakisan, adalah Dalem Agra Samplangan sebagai raja kedua pada tahun 1380-1383 Masehi, dengan keratonnya

Tribun Bali/AA Seri Kusniarti
Pancoran Solas - Pasiraman Dalem Dimade, Sisi Lain Pancoran Solas Bangli 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Setelah Kerajaan Majapahit dipimpin Patih Gajah Mada, menggempur Bali dan akhirnya memukul mundur Raja Bedahulu.

Adipati dari Majapahit dikirim ke Bali, sebagai penguasa dan menjadi perwakilan Majapahit di Bali. Penguasa itu tiada lain adalah Ida Dalem Kresna Kepakisan, yang berkuasa pada 1350 sampai 1380 Masehi.

Beliau saat itu memiliki keraton di Samprangan atau Samplangan, Klungkung.

Berdasarkan dari sumber berbagai babad, seperti Babad Dalem, Babad Arya, Babad Dalem Tarukan, dan sumber lainnya.

Baca juga: Kisah Pura Petilasan Cempaka Majapahit di Gianyar, Banyak yang Sukses dan Sembuh dari Sakit

Disebutkan bahwa pengganti Ida Dalem Kresna Kepakisan, adalah Dalem Agra Samplangan sebagai raja kedua pada tahun 1380-1383 Masehi, dengan keratonnya masih di Samplangan.

Karena berseteru dengan saudaranya Dalem Tarukan, dan dianggap tidak pandai memimpin kerajaan. Akhirnya para patih kerajaan, meminta adiknya Dalem Ketut Ngelusir untuk naik tahta, dan memimpin pada tahun 1383-1460 Masehi.

Dalem Ketut Ngelusir yang tidak ingin berseteru dengan kakaknya, Dalem Agra Samplangan. Meminta agar keratonnya dipindah ke Gelgel saja.

Mulai dari sana, keratonnya pindah ke Gelgel dan akhirnya Majapahit mengakui keraton Gelgel sebagai penerus tahta di Bali. Trah Dalem Ketut Ngelusir digantikan oleh anaknya Dalem Waturenggong, sebagai raja ke-II di Gelgel. Memerintah pada tahun 1460-1550 Masehi.

Dalem Waturenggong terkenal sebagai raja yang membawa masa keemasan pada Bali. Dan kisahnya bersama Pedanda Sakti Wawu Rawuh masih terkenal sampai saat ini.

Pada tahun 1550-1580 Masehi, tahtanya digantikan oleh Dalem Pemayun atau Dalem Bekung sebagai raja ke-III di Gelgel.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved