Sains

NASA Merilis Gambar Pertama Teleskop James Webb, Melebihi Ekspektasi Ilmuan

Sebuah pencapaian bagi para Ilmuan dan Insinyur dalam upayanya menguji coba Teleskop baru James Webb. 

NASA/ESA/CSA/STSCI
FOTO BINTANG PERTAMA JAMES WEBB 

TRIBUN-BALI.COM - Tonggak sejarah baru NASA. Sebuah pencapaian bagi para Ilmuan dan Insinyur dalam upayanya menguji coba Teleskop baru James Webb. 

Dilansir BBC, para Insinyur dibalik teleskop James Webb menyatakan mereka telah berhasil merangkai citra bintang pertamanya.

Walaupun hanya sebuah uji coba, tapi hasilnya membuat para ilmuan tercengang.

Bagaimana tidak, hasil foto yang didapatkan Teleskop seharga 10 milyar dollar ini sangat tajam bahkan melebihi harapan mereka.

Baca juga: Rusia Serang Warga Sipil Ukraina dengan Meledakkan Gedung Teater Tempat Ratusan Penduduk Berlindung

Untuk mencapai hasil ini tidaklah mudah, cermin James Webb harus disejajarkan dengan sangat presisi.

Seperti yang telah kita ketahui cermin adalah komponen utama dari sebuah teleskop, dan James Webb sendiri terdiri dari 18 segmen cermin heksagonal, yang jika bersatu akan menghasilkan cermin terbesar untuk sebuah teleskop luar angkasa.

Namun Nasa mengatakan bahwa kedepannya masih ada pekerjaan rumah lagi sebelum teleskop resmi dinyatakan telah beroperasi.

Lee Feinberg, insinyur NASA yang memimpin pembuatan optik James Webb, mengatakan perilisan gambar pertama sangat fenomenal.

"Anda tidak hanya melihat satu bintang dengan cahayanya yang khas, namun juga bintang-bintang dan struktur-struktur lain disekitarnya dengan fokus yang tajam, seperti yang kita inginkan" katanya kepada wartawan.

Baca juga: 4 Jenderal Rusia Tewas, Para Jenderal Ditempatkan Digaris Depan saat Serang Ukraina Undang Tanya

"Kita sebenarnya telah merampungkan analisis pada foto itu, dan sejauh ini, kita menarik kesimpulan bahwa kinerja teleskop sangat baik dan sesuai harapan kita"

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved