Berita Denpasar

Bali jadi Tuan Pertemuan Internasional BNEF Net Zero Summit Pertama

Bali Jadi Tuan Pertemuan Internasional BNEF Net Zero Summit PertamaBali Jadi Tuan Pertemuan Internasional BNEF Net Zero Summit Pertam

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Harun Ar Rasyid
Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi suasana Pantai Kuta, Badung, Rabu 8 September 2021 - Berdebar Setiap Senin Menanti Jokowi, Insan Pariwisata di Bali Berharap PPKM Segera Turun Level. 

TRIBUN BALI.COM - Indonesia memiliki target untuk mencapai netral karbon dunia pada 2050 dan menjaga peningkatan suhu pada 1,5 derajat Celcius.

Hal ini pun diwujudkan ke dalam tiga prioritas utama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di tahun 2022, khususnya dalam poin transisi energi nol bersih.

“Sebagai ketua panitia penyelenggara G20 Indonesia di tahun 2022, saya menyambut baik BloombergNEF (BNEF) Net Zero Summit pertama di Bali pada 12 November 2022,” ujar Menko Marves Luhut B. Pandjaitan dalam keterangannya Rabu 20 April 2022.

Melalui BNEF Summit di Bali beberapa waktu mendatang, Menko Luhut berharap akan ada masukan dari para pemimpin bisnis global dan investor di untuk mencapai netral karbon atau net zero emission sebagai upaya memajukan pemulihan global pasca pandemi.

Selain itu, BNEF Summit juga akan dijadikan sebagai momen perancangan strategi yang memanfaatkan teknologi untuk membangun masa depan yang lebih kompetitif.

“Momentum tersebut akan mampu memperluas koneksi dan kolaborasi dari yang semula hanya antara sektor swasta dan publik yang ada di Indonesia,” imbuh Menko Luhut.

Baca juga: Dirjen Kemendag Jadi Tersangka Kasus Minyak Goreng, DPR RI Minta Para Mafia Diselidiki Sampai Tuntas

Baca juga: Ini Aturan Terbaru Bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri dan Luar Negeri

Baca juga: Liga 1 Bergulir Juli 2022, Suporter Bali United Tak Mau Kena Prank, Harap Diizinkan Hadir di Stadion

Summit bertema net zero ini akan mempertemukan 300 pemimpin bisnis, serta investor global dan lokal untuk mengeksplorasi peluang pertumbuhan dalam transisi energi ke masa depan nol bersih dan upaya dekarbonisasi negara.

Hal ini perlu dibahas untuk memperjuangkan transisi energi dan mekanisme pembiayaan berkelanjutan sehubungan dengan kepemimpinan G20 selain nantinya akan diadakan side event G20 dan B20.

Sebagai informasi, Indonesia sudah lama memberikan perhatian pada nol bersih emisi.

Diketahui sebelumnya, telah diselenggarakan COP26 di Glasglow dan London dan delegasi Indonesia telah berkunjung ke sana.(*)

 

 

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved