Berita Pendidikan

Dies Natalis ke-5, Politeknik Internasional Bali & WIR Group Siapkan Sektor Pariwisata ke Metaverse

Rangkaian kegiatan utama terdiri dari Talkshow, Entertainment, Vintage Car Show, hingga Culinary Festival.Rangkaian kegiatan utama terdiri dari Tal

Editor: Harun Ar Rasyid
istimewa
Politeknik Internasional Bali merayakan Dies Natalis ke-5 pada Jumat, 22 April 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, Tabanan - Politeknik Internasional Bali merayakan Dies Natalis ke-5 pada Jumat, 22 April 2022.

Rangkaian kegiatan utama terdiri dari Talkshow, Entertainment, Vintage Car Show, hingga Culinary Festival.

Acara berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat.

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Direktur Politeknik Internasional Bali, Prof. Dr. Ir. Anastasia Sulistyawati, M.S., M.M., M.Mis., D.Th., Ph.D., D.Ag dan menyampaikan tujuan utama diselenggarakannya acara Dies Natalis PIB tahun ini dengan megah dan meriah.

“Dies Natalis PIB yang ke-5 diadakan dengan spirit membangkitkan pariwisata pasca pandemi Covid-19”, tutur guru besar yang akrab disapa dengan panggilan Prof. Suli.

Lebih lanjut, Prof. Suli menambahkan bahwa seluruh pelaku pariwisata harus bahu-membahu memupuk rasa optimisme akan bangkitnya sektor pariwisata di Indonesia.

Apalagi saat ini penerbangan internasional dengan tujuan Bali sudah mulai dibuka dan jumlah kunjungan wisatawan perlahan mulai naik.

Setelah acara dibuka secara resmi, agenda selanjutnya dimulai dengan penyelenggaraan Talkshow Pariwisata. Narasumber yang hadir dan memeriahkan acara antara lain Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Sc (Wakil Gubernur Bali), Italo Gani (CEO Impactto), Daniel Surya (Executive Chairman of WIR Group, Metaverse Indonesia), Trisno Nugroho (Kepala Perwakilan Bank Indonesia), Dr. Yoga Iswara., BBA., BBM., MM., CHA (Ketua IHGMA Bali Chapter) dan Dr. Paulus Herry Arianto, M.A., C.B.C. (Wakil Direktur Politeknik Internasional Bali, Founder of AVB Media Asia dan CEO of Bali GO Live).

Keenam narasumber yang hadir merupakan “key leader” di bidang pariwisata, bisnis digital, tech company, ekonomi dan industri kreatif. Mereka berkumpul dalam talkshow yang membahas tema utama kegiatan serta saling bertukar pikiran dan pengalaman mengenai pesatnya perkembangan teknologi yang mengarah pada digitalisasi sektor pariwisata. Wakil Gubernur Bali, Cok Ace sempat memaparkan perjalanan sejarah dari Perekonomian dan Pariwisata Bali, dalam momen tersebut beliau juga mengajak seluruh elemen, terkhusus para akademisi dan Civitas Akademika PIB untuk berkontribusi membangun Bali dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan.

Berkaitan dengan tema utama Dies Natalis, terdapat momentum penting yang berlangsung di tengah acara yaitu penandatanganan kerjasama antara Politeknik Internasional Bali dengan WIR Group untuk menyelenggarakan pelatihan digitalisasi pariwisata melalui metaverse.

“Dunia hospitaliti harus bersiap menghadapi masifnya gempuran arus teknologi digital yang menuntut pelaku industri ini agar mampu beradaptasi dengan memberikan next level guest experience dari hulu ke hilir”, terang Dr. Paulus, Wakil Direktur Politeknik Internasional yang juga merupakan praktisi bisnis digital dan industri kreatif usai penandatanganan MoU antara PIB dengan WIR Group.

“Kerjasama kami dengan WIR Group akan direalisasikan melalui penyelenggaraan serangkaian pelatihan khusus bagi insan hospitaliti yang ditujukan kepada tenaga kerja, pendidik, dan pelajar”, tambah Dr. Paulus.

Tren dan peluang perkembangan platform metaverse seperti Virtual Reality, Augmented Reality, dan Artificial Intelligence ke depannya mendorong lembaga pendidikan menghasilkan lulusan unggul dan mampu bersaing di bidang ini.

PT. WIR Asia Tbk. (WIRG) atau WIR Group, tech company asal Indonesia yang masuk dalam daftar “Metaverse Tech Companies to Watch in 2022” versi majalah bisnis internasional Forbes GE, secara strategis mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperkenalkan platform metaverse kepada masyarakat Indonesia secara komprehensif.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved