Berita Badung

Badung Siapkan Dana untuk Gaji ke-13 Senilai Rp 60 Miliar

Selain memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pegawai di Kabupaten Badung, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)

KOMPAS.com/NURWAHIDAH
Ilustrasi uang 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Selain memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pegawai di Kabupaten Badung, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) juga kini mempersiapkan anggaran untuk Gaji ke-13.

Kendati demikian untuk gaji belum bisa diberikan secepatnya mengingat masih ada waktu sampai pertengahan bulan.

Kepala BPKD Badung Ida Ayu Istri Yanti Agustini yang mengakui hal tersebut.

Pihaknya mengaku saat ini masih dalam proses pencairan THR.

Baca juga: THR untuk Pegawai di Badung Sudah Cair, BPKAD Badung Sebut THR Terdiri dari Gaji Pokok dan TPP

Baca juga: Curi Ponsel untuk Sekolah Anak, Kasus Abi Dihentikan dan Malah Diberi HP oleh Kejari Badung

"Sekarang masih untuk THR. Namun untuk gaji ke-13 sudah kita persiapkan anggarannya," ujar Yanti Agustini saat dikonfirmasi Rabu, 27 April 2022.

Diakui untuk pencairan gaji ke-13 pihaknya menyiapkan anggaran Rp 60 Miliar untuk ribuan pegawai yang ada di Gumi Keris.

Hanya saja pencairannya dilakukan pertengahan bulan.

"Sebenarnya Gaji ke-13 perbupnya jadi satu, cuman pencairanya paling cepat bulan Juli 2022 sesuai Peraturan Presiden (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji ke-13 Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2022," ungkapnya.

Dijelaskan, untuk Gaji ke- 13 sebenarnya sama dengan THR.

Besarannya pun sama yakni diangka Rp 60 Milliar lebih.

Pada Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2022 Tentang teknis pemberian tunjangan hari raya dan gaji ketiga belas yang bersumber dari Anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022 juga dijelaskan pencairan gaji ke 13 tersebut.

"Semua hampir sama, jadi nanti pencairannya bulan Juli mendatang. Sementara kita masih fokus untuk THR. Mengingat THR juga harus terealisasi sebelum lebaran," imbuhnya.

Seperti diketahui, BPKAD kabupaten Badung memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pegawai di Kabupaten Badung sudah cair.

Pasalnya pencairan THR dilakukan sesuai dengan Peraturan Presiden (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji ke-13 Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Untuk THR yang diberikan terdiri dari Gaji Pokok dan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) sebesar 50 persen, tunjangan keluarga dan tunjangan pangan. Pemberian THR itu pun sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2022 Tentang teknis pemberian tunjangan hari raya dan gaji ketiga belas yang bersumber dari Anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022

"Sudah kita realisasikan sesuai dengan Perbup Nomor 23 Tahun 2022," ujarnya.

(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved