Idul Fitri 2022

LINK Streaming Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Fitri 1443 H Hari Ini, Sambut Lebaran 2022

Berikut ini adalah link live streaming sidang isbat untuk menentukan kapan jatuhnya hari raya Idul Fitri 2022 oleh Kementrian Agama.

(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Suasana pengamatan rukyatul hilal di Pantai Patra Jasa Kuta Jumat 1 April 2022. 

TRIBUN-BALI.COM - Umat muslim di seluruh dunia akan segera menyambut hari raya Idul Fitri 2022 setelah sebulan menjalani ibadah puasa.

Sebelum merayakan lebaran, umat muslim harus menunggu ahli astronomis untuk melihat posisi hilal.

Dilansir dari Wikipedia, Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam.

Biasanya hilal diamati pada hari ke-29 dari bulan Islam untuk menentukan apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum.

Kementerian Agama RI (Kemenag RI) menyebut bahwa hisab (perhitungan astronomis) posisi hilal di Indonesia sudah bisa terlihat saat diselengarakannya sidang isbat penentuan hari Lebaran 2022 atau 1 Syawal 1443 H.

Dilansir Tribun-Bali.com dari Kompas.com, Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamarudin Amin menyatakan penetapan hari raya Idulfitri dari pemerintah dan organisasi masyarakat (ormas) Islam Muhammadiyah kemungkinan bakal jatuh pada waktu yang sama, yakni Senin, 2 Mei 2022.

"Ada kemungkinan (jatuh di tanggal yang sama), tetapi tetap menunggu hasil sidang isbat," kata Kamarudin sebagaimana dilansir Kompas.com, Kamis 28 April 2022.

Perlu diketahui, sebelumnya Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1443 H atau hari raya Idul Fitri jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Ketentuan yang telah ditetapkan pada 3 Februari 2022 itu tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

Baca juga: Lebaran Tanggal Berapa? Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Idul Fitri Besok, Berikut Link Streamingnya

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved