Berita Bali

Viral Video Bule Sebut Polisi Korup di Bali, Keberadaan Valeria Masih Ditelusuri

Polda Bali masih menelusuri keberadaan Miss Global Estonia, Valeria Vasilieva untuk tindak lanjut

Istimewa
Valeria Vasilieva - Viral Video Bule Sebut Polisi Korup di Bali, Keberadaan Valeria Masih Ditelusuri 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Polda Bali masih menelusuri keberadaan Miss Global Estonia, Valeria Vasilieva untuk tindak lanjut kasus tersebut yang viral di media sosial yang menyebut polisi di Bali korup.

Valeria megemukakan pernyataan tersebut karena merasa dihentikan polisi dan diminta menunjukkan dokumen hingga menyerahkan sejumlah uang.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Bali tidak ingin buru-buru menyimpulkan apakah Valeria benar atau melakukan pelanggaran pidana, karena memerlukan keterangan yang bersangkutan yang diduga masih berada di Bali.

“Saya sudah perintahkan cari lidik. Sementara belum ditemukan keberadaan yang bersangkutan. Sementara masih di Bali. Pasti kami akan lakukan pemeriksaan. Nanti kami lihat apa yang dikatakan itu maksudnya apa. Apakah nanti memenuhi kaidah pelanggaran hukum atau tidak, nanti kami lihat,” tegas Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Bali, Kombes Pol Henry Fiuser, Jumat 20 Mei 2022.

Baca juga: Keterangan Miss Global Estonia Valeria Jadi Kunci Kasus Viral Polisi Korup di Bali

Henry Fiuser menuturkan, meski video tersebut sudah hilang dan permohonan maaf diutarakan Valeria di media sosialnya, namun penyelidikan tetap dilakukan untuk mendalami kebenaran pernyataan yang dilontarkan Valeria tersebut.

“Belum ada komunikasi, itu videonya kan sudah hilang, namun sempat viral. Belum tahu kapan ditilang,” tuturnya.

Kasubdit V Cybercrime Polda Bali, AKBP Nanang Prihasmoko menuturkan pihaknya sudah melakukan profiling terhadap Valeria.

Dia pun mendapati Valeria sempat berfoto di Hotel TS di wilayah Kerobokan dan menginap di Bidadari Spa.

“Tapi sudah meninggalkan hotel tersebut. Kami sampai saat ini masih melacak keberadaannya. Kami koordinasi dengan pihak Imigrasi di Bali diduga masih di Bali, dia Miss Global perwakilan Estonia tiba di Bali 26 April 2022 lalu,” ujarnya.

Terkait jeratan pidana, masih belum dipastikan apakah UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) atau pencemaran nama baik institusi atau terhadap pribadi.

“Kami masih selidiki belum bisa menyimpulkan sekarang. Soal penilangan belum bertemu langsung dari yang bersangkutan jadi belum bisa memastikan kebetulan pernyataan mereka betul atau tidak. Kami akan kroscek dulu. Harus ilmu kepastian hukum, pengambilan uang, penilangan dan sebagainya. Kami belum menemukan panitia ini Miss Global,” ujarnya.

Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menegaskan, dari hasil penyelidikan apabila terbukti melanggar hukum, Valeria akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kalau misalkan ada pelanggaran hukum akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku dan ditegakkan secara berkeadilan. Lakukan penyidikan secara professional. Jangan karena emosi atau apa terus melakukan tindakan yang di luar ketentuan, tapi tegakkan hukum secara berkeadilan," tegasnya.

Diduga kesal karena ditilang oleh polisi saat berada di Bali, wisatawan bernama Valeria Vasilieva yang juga merupakan Miss Global Estonia 2022 ini menyebut polisi di Bali korup.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved