Bali United

Bali United Petik Pelajaran dari Kegagalan, Tatap Liga 1 dan Kualifikasi Liga Champions Asia 2023

Bali United kini mulai berbenah menyongsong Liga 1 musim 2022 agar mampu kembali ke kancah Asia

baliutd.com
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco saat berada di Stadion Kapten I Wayan Dipta dalam pertandingan Piala AFC melawan Kedah FC, 24 Juni 2022 - Bali United Petik Pelajaran dari Kegagalan, Tatap Liga 1 dan Kualifikasi Liga Champions Asia 2023 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bali United memetik pelajaran berharga dari kegagalan di ajang AFC Cup yang semestinya menjadi fokus target tim musim ini minimal bisa lolos grup, namun target itu tak terealisasi.

Tiga kali mengikuti ajang AFC Cup, Bali United gagal keluar dari fase penyisihan grup, tahun 2018 menjadi juru kunci, tahun 2020 kompetisi dihentikan karena pandemi dan terakhir tahun 2022 ini bertengger di posisi ketiga klasmen grup G.

Bali United kini mulai berbenah menyongsong Liga 1 musim 2022 agar mampu kembali ke kancah Asia dengan hasil jauh maksimal dan tidak lagi-lagi terpeleset, sebab sekali salah mengambil langkah akan berujung petaka bagi tim.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra dan anak asuhnya pun harus menelan pil pahit dan kekecewaan atas hasil minor ini.

Baca juga: Beda Nasib Wakil Indonesia Di Piala AFC 2022: Bali United Gugur, PSM Makassar Lolos dan Juara Grup H

Namun, Coach Teco telah mengantongi pelajaran berharga selama mengarungi AFC Cup 2022 menatap Liga Indonesia dan Kualifikasi Liga Champions Asia 2023.

Bali United dan Persib Bandung ditunjuk mengikuti Kualifikasi Liga Champions Asia 2023 sebagai juara Liga 1 dan runner up.

Menurut pelatih asal Brasil tersebut, sederet hasil evaluasi penampilan Serdadu Tridatu diharapkan menjadikan Bali United lebih kuat dan siap tampil di kompetisi berikutnya.

“Kami hanya kurang berkonsentrasi dan penyelesaian akhir untuk mencetak lebih banyak gol. Masalah ada di babak kedua saat melawan Visakha FC. Organisasi permainan kami buruk dan harus menerima kekalahan. Inilah situasi dalam sepak bola. Dan kami harus belajar dari itu, baik pelatih maupun pemain. Semuanya harus belajar dari itu. Ketika ada ada kesempatan bermain lagi, kami sudah lebih siap dan kuat,” jelas Coach Teco.

Sejatinya, Bali United memiliki modal bagus untuk mengarungi kompetisi AFC Cup musim ini.

Bali United memiliki bekal trofi juara Liga 1 dua kali berturut-turut.

Coach Teco juga telah memiliki pengalaman menembus fase semifinal zona ASEAN sebelumnya.

Pada AFC Cup 2018 bersama Persija, pelatih berusia 47 tahun tersebut berhasil menjadi juara grup H dan sukses melaju ke semifinal.

Lawan tangguh di penyisihan grup seperti Johor Darul Ta’zim berhasil dilibas.

Namun sayang, pada saat itu langkah Coach Teco terhenti akibat dua kekalahan dari wakil Singapura, Lion City Sailors.

“Saya sudah pernah berkompetisi di sini bersama Persija dan kami pernah melaju ke semifinal. Kompetisi waktu itu cukup berbeda, karena ada pertandingan kandang dan tandang sehingga terdapat enam pertandingan. Kami pun harus main ke luar. Saya pikir kompetisi ini sangat bagus untuk memberi kami pengalaman,” ujar Coach Teco.

Seperti halnya drama di Grup G, Bali United yang berhasil menang 2-0 atas Kedah Darul Aman FC, dan kalah telak 5-2 dari Visakha FC, namun justru Visakha FC malah dicukur habis-habisan oleh Kedah Darul Aman FC dengan skor telak 5-1. (*).

Bek Bali United, Jajang Mulyana - Bali United Petik Pelajaran dari Kegagalan, Tatap Liga 1 dan Kualifikasi Liga Champions Asia 2023
Bek Bali United, Jajang Mulyana - Bali United Petik Pelajaran dari Kegagalan, Tatap Liga 1 dan Kualifikasi Liga Champions Asia 2023 (ist)

Kumpulan Artikel Bali United

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    2
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved